Dark/Light Mode

Food Estate Di Tapanuli Utara Siap Jadi Percontohan Nasional

Kamis, 29 Oktober 2020 11:48 WIB
Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan saat mendampingi kunjungan Presiden Jokowi di Tapanuli Utara.
Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan saat mendampingi kunjungan Presiden Jokowi di Tapanuli Utara.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Pemkab Taput) semakin mantap menyediakan lahannya guna mewujudkan lumbung pangan atau food estate yang digagas Presiden Jokowi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Lumbung pangan ini akan menjadi sentra produksi komoditi tanaman buah bagi masyarakat Taput di Provinsi Sumut  serta  menjadi percontohan nasional.

Hal itu dikatakan Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/10)

Baca juga : Polda Jabar Kembali Tetapkan Bahar Smith Tersangka Penganiayaan

“Taput menjadi salah satu Kabupaten yang memiliki kesempatan untuk pengembangan lokasi food estate di wilayah Provinsi Sumut,” ujar Nikson. 

Saat ini, lanjut Nikson, Pemerintah Pusat telah menerima permohonannya dan telah melakukan survei untuk lahan yang akan dijadikan food estate di Kabupaten Tapanuli Utara. 

Pemkab Taput telah menyiapkan lahan seluas 17.961,72 hektar yang berlokasi di tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Sipoholon, Parmonangan dan Adiankoting. 

Baca juga : Hadapi Era Disruptive Industri 4.0, Seskoal Godok Perwira Visioner

Konsep pembangunan food estate dilakukan secara terintegrasi yang mencakup pertanian, perkebunan dan peternakan di suatu kawasan.

“Saya berharap pemerintah pusat melibatkan seluruh stakeholder, di mana lahan dimaksud terlebih dahulu diserahkan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan ke pihak Pemkab Taput,” harapnya. 

Selanjutnya, Pemkab Taput sebagai regulator akan membagikan lahan kepada masyarakat yang bersedia mengelola lahan dengan mengikuti ketentuan dari pemerintah. 

Baca juga : Berkarya Kubu Muchdi Siapin Sanksi Pemecatan Dan PAW

Pemkab Taput juga akan menggandeng pihak swasta yang bersedia membeli hasil pertanian dari lahan tersebut dengan harga terbaik.

“Keberadaan food estate akan menjadi sentra ekonomi baru bagi Pemkab Taput dan masyarakat. Keduanya ikut andil secara langsung dalam kerja sama, bukan hanya penonton,” tegasnya. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi meninjau proses pembangunan kawasan lumbung pangan (food estate) yang akan menjadi lahan pertanian modern berbasis hortikultura di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (Sumut). [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.