Dark/Light Mode

Banyak Pembalap Muda, Pamor The Doctor Bakal Terus Meredup

Rabu, 9 Desember 2020 16:01 WIB
Pembalap Yamaha. (Foto : Istimewa)
Pembalap Yamaha. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kesuksesan Valentino Rossi diajang balapan MotoGP sudah tidak diragukan lagi. Terbukti, sepanjang kariernya, pebalap asal Italia ini sudah memboyong sembilan gelar juara dunia.

Pujian pun datang dari ayah Jorge Lorenzo, Chicho. Menurutnya, prestasi Rossi diraih karena rivalitas yang lemah. The Doctor melakoni debut kejuaraan balap motor di kelas teratas bersama Honda pada 2000 menyusul pensiunnya rider legendaris Mick Doohan.

Rossi langsung melejit sebagai runner-up di belakang Kenny Roberts Jr. Semusim berselang, Rossi merebut titel juara dunia di kelas teratas, kemudian mendominasi jagat balap motor dengan menjuarai empat musim berikutnya.

Baca juga : Man City Vs Olimpiakos, Pemain Muda Jadi Tumpuan The Citizens

Termasuk, di dua musim pertamanya setelah hijrah ke tim pabrikan Yamaha. Tapi sayang, pebalap yang kini berusia 41 tahun ini mengalami puasa gelar juara pada 2006 dan 2007.

Di mana pada tahun yang terakhir disebut didominasi Casey Stoner bersama Ducati. Rossi kemudian bangkit pada 2009 untuk merengkuh titel juara kesembilan, sekaligus yang terakhir sampai saat ini setelah mengungguli rekan setimnya Jorge Lorenzo.

Sejak saat itu Rossi belum lagi mampu menambah koleksi gelar juaranya. Terlebih setelah kemunculan Marc Marquez pada 2013 yang langsung mendominasi kejuaraan usai memenangi enam dari delapan musim terakhir.

Baca juga : PAN Ngotot PT 4 Persen

Chicho Lorenzo meyakini pesaing-pesaing Rossi ikut menentukan kesuksesannya. “Valentino Rossi mewarisi motor dari Doohan, tim dan rival-rivalnya,” ungkap Chicho Lorenzo seperti dikutip Corsedimoto.

“Berapa banyak gelar juara beruntun yang dimenangi Rossi? Dia memenangi banyak sekali gelar juara karena rival-rivalnya itu bukan rival-rival yang sebenarnya. Mereka bukan rival-rival yang hebat,” tandasnya.

Menurutnya, ketika pebalap- pebalap muda datang seperti Dani Pedrosa, Casey Stoner dan Jorge Lorenzo, prestasi Rossi menurun. “Mana prestasi Rossi ketika pebalap muda hadir. Seberapa hebat rival-rivalnya itu berpengaruh,” ujarnya. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.