Dark/Light Mode

Liverpool Vs West Brom, Jangan Remehkan Juru Taktik

Minggu, 27 Desember 2020 12:17 WIB
Mo Salah, bintang andalan Liverpool. (Foto : Istimewa)
Mo Salah, bintang andalan Liverpool. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Secara kualitas pemimpin klasemen Liga Premier, Liverpool, akan menjalani laga Boxing Day dengan mudah. The Reds akan menjamu tim promosi West Brom di Stadion Anfield, Minggu (27/12) malam nanti.

Pasukan Jurgen Klopp itu berhasil mengokohkan posisinya di puncak klasemen setelah mengalahkan Tottenham 2-1 pekan lalu. Saat ini, Liverpool menorehkan 31 poin dari 14 pertandingan.

Posisi Liverpool bisa dianggap aman, karena terpaut empat poin dari Leicester City dan lima poin dari Mancester United. Tapi, kemenangan menjadi harga mati bagi The Reds agar bisa menjauh dari rivalnya.

Menghadapi West Brom malam ini merupakan pertemuan kedua tim sejak tahun 2018. Sebelum The Baggies terdegradasi ke Championship. Di masa lalu, West Brom merupakan lawan yang merepotkan bagi Liverpool.

Berita Terkait : Boxing Day : Liverpool Vs West Bromwich, Si Merah Unggul Segalanya

Dari enam pertemuan terakhir kedua tim, Liverpool hanya mampu menang dua kali. Tiga imbang dan satu keok. Tim promosi ini berpotensi menjadi tamu yang menyebalkan bagi sang juara bertahan.

Jika Liverpool punya misi untuk mempertahankan singgasana mereka, The Baggies datang ke Anfield dengan tekad yang tidak kalah kuat. Mereka butuh tiga poin untuk menyelamatkan diri dari zona degradasi.

Di mana mereka kini menempati peringkat 19 klasemen sementara Liga Premier. Skuat The Baggies memang bukan tim yang bertabur bintang. Tapi, ada satu sosok yang wajib diperhatikan Liverpool, yaitu Sam Johnstone. Kiper didikan akademi Manchester United (MU) ini sudah sering bikin tim-tim besar sakit kepala.

MU dan Manchester City kesulitan untuk membobol gawangnya, dan jika Liverpool lengah, bisa menyusul. The Baggies juga baru saja berganti pelatih. Sosok kawakan, Sam Allardyce kini sudah mulai menukangi West Brom.

Berita Terkait : Hasil Liga Inggris : Sikat West Ham 3-0, Chelsea Lempeng Lagi

Pelatih yang dikenal sebagai spesialis penyelamat tim yang hampir terdegradasi ini akan memberikan segalanya agar The Baggies bisa mencuri poin di Anfield.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, tidak meremehkan lawan mereka. Padahal, Liverpool unggul segalanya dari tim asuhan Sam Allardyce tersebut. Alasan Klopp tidak meremehkan West Brom adalah keberadaan Allardyce.

Juru taktik asal Inggris itu baru ditunjuk pada 16 Desember 2020 untuk menggantikan Slaven Bilic. Menurut Klopp, Allardyce merupakan pelatih bagus yang mampu membuat timnya bermain dengan baik.

Selain itu, Klopp menilai Allardyce cocok untuk melatih West Brom yang tengah terpuruk di zona degradasi. West Brom baru mengoleksi tujuh poin sehingga terjebak di posisi ke-19 klasemen sementara. Keterpurukan West Brom menjadi alasan di balik pemecatan Slaven Bilic dan perekrutan Allardyce. Sebab, Allardyce merupakan pelatih yang ahli menyelamatkan tim-tim medioker dari jurang degradasi. Sebanyak sembilan tim yang ditukangi Allardyce tidak pernah terdegrasi.

Berita Terkait : Tottenham Hotspur Vs Leicester City, Adu Gengsi

Sejumlah klub yang pernah diselamatkan Allardyce, antara lain Newcastle United, West Ham United, Sunderland, Everton dan Crystal Palace. Meski begitu, debut Allardyce sebagai Pelatih West Brom berakhir dengan kekalahan telak di kandang, Stadion The Hawthorns.

West Brom dibantai 0-3 oleh Aston Villa pada pekan lalu. Meski begitu, Klopp tetap tidak memandang remeh. “Tentu saja, ini pertandingan rumit. Kami membuat analisis permainan West Brom ketika dilatih Allardyce,” kata Klopp, mengutip dari laman resmi Liverpool, kemarin.

Klopp juga menginstruksikan kepada anak asuhnya untuk tampil maksimal, sehingga kemenangan ini menjadi kado Natal. “Saya selalu kesulitan melawan tim Allardyce karena teror- ganisir dengan baik. Jika kami tidak memberikan penguasaan bola pada West Brom, itu akan menjadi pertandingan yang tepat,” ujarnya. [KW]