Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bertemu Sandi, Bamsoet Ajak Kemenparekraf Kembangkan Sport Automotive Tourism

Selasa, 12 Januari 2021 13:41 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) bersama Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) bersama Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo berharap, ajang olahraga otomotif yang dipadukan dengan objek wisata atau sports automotive tourism akan mampu menarik wisatawan domestik maupun manca negara datang ke Indonesia. Usai pandemi, sport automotive tourism diharapkan menjadi salah satu motor penggerak sektor pariwisata di Indonesia.

Demikian disampaikan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini usai bertemu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, di kediamannya, di Jakarta, Selasa (12/1).

Baca juga : Dari Sirkuit Sentul, Bamsoet Ajak Honda Cs Majukan Olahraga Otomotif

"IMI dan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sepakat bekerja sama untuk mengembangkan sport automotive tourism di Indonesia. Indonesia bisa menjadi salah satu ikon sport automotive tourism dunia karena memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat luar biasa," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang.

Ketua DPR ke-20 ini menuturkan untuk tahap awal IMI beserta Kemenparekraf akan memanfaatkan ajang kejuaraan otomotif internasional MXGP 2021 untuk memadukan pariwisata dan olahraga otomotif. MXGP 2021 rencananya akan dibuka di Oman pada 3 April 2021 dan berakhir di Argentina pada 14 November 2021.

Baca juga : Kemenparekraf Gandeng Kemenristek Kembangkan Cagar Biosfer Di Labuan Bajo

Indonesia akan mendapatkan dua seri, yakni pada 4 Juli dan 11 Juli 2021. "Tanggal 4 Juli 2021 MXGP rencananya akan dilangsungkan di kawasan otorita Candi Borobudur Jawa Tengah. Sementara tanggal 11 Juli 2021 rencana akan dilaksanakan di Bali. Kita sama-sama ketahui di Jawa Tengah dan Bali sangat banyak destinasi wisata yang sangat indah untuk dikunjungi," kata Bamsoet.

IMI dan Kemenparekraf juga sepakat akan mengembangkan kawasan ekonomi kreatif modifikasi kendaraan roda dua serta roda empat yang melibatkan ribuan UMKM. Sebab, produk modifikasi Indonesia sangat digemari oleh konsumen nasional serta internasional.

Baca juga : Kerek Ekonomi, Menparekraf Genjot Sport Tourism

"Untuk mewujudkan sport automitive tourism ditengah pandemi, semua pihak harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Karenanya, perlu dijalankan dengan baik protokol kesehatan pariwisata berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability) yang menjadi kebutuhan wisatawan dalam era adaptasi kebiasaan baru," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.