Dark/Light Mode

Marquez, Ngebut Pemulihan Demi Seri Pembuka MotoGP 2021

Senin, 18 Januari 2021 10:57 WIB
Pembalap Honda, Marc Marquez. (Foto : Istimewa)
Pembalap Honda, Marc Marquez. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Apa kabar Marc Marquez dengan cederanya? Juara MotoGP enam kali itu menunjukkan perkembangan positif dalam pemulihan cederanya, meski masih belum bisa mulai berlatih, bahkan balapan.

Marquez mengalami cedera patah tangan kanan dalam lomba seri pembuka MotoGP 2020. Cederanya itu kemudian mengalami komplikasi, sehingga harus menjalani tiga kali operasi.

Pria 27 tahun itu absen dalam sisa seri MotoGP musim lalu setelah cedera itu. Operasi ketiganya, yang disertai pencangkokan tulang, dilakukan 3 Desember lalu.

Berita Terkait : MotoGP, Duet Espargaro-Marquez Bikin Penasaran

Menurut pernyataan yang dirilis timnya, Repsol Honda, Marquez baru saja menjalani evaluasi yang wajib dilakukan enam minggu setelah menjalani operasi, Jumat kemarin. Hasilnya disebut “memuaskan”.

“Marquez akan meneruskan pengobatan antibiotik spesifik dan dengan program pemulihan fungsional yang disesuaikan dengan situasi klinisnya,” demikian pernyataan Honda.

Perawatan antibiotik itu masih akan dilakukan untuk mengatasi infeksi yang terjadi setelah operasi kedua. Honda menyatakan, hingga kini Marquez belum bisa memulai program latihan.

Berita Terkait : Lorenzo : Marquez Pembalap Tersulit Disalip

Sebelumnya, pembalap penguji Honda, Stefan Bradl, menyatakan Marquez mungkin tidak akan cukup fit untuk tes MotoGP pada Februari. Namun, tes pembukaan di Sepang itu tersebut ternyata telah dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Karena itu, kini Marquez akan berpacu memulihkan diri agar bisa tampil dalam tes MotoGP di Qatar pada awal Maret 2021. Pol Espargaro tidak menampik bahwa dirinya memang butuh adaptasi lagi untuk bisa mengenal karakter motor Tim Repsol Honda, yakni RC213V.

Maka dari itu, Espargaro pun berharap Marquez bisa cepat pulih dari cederanya agar memberikannya bimbingan. “Saya berharap Marc bisa segera pulih dan kembali mengendarai Honda, karena ia rider yang sangat dibutuhkan motor itu. Secara praktis, Marc lah yang membuat motor itu hebat. Jadi, kembalinya Marc bakal sangat penting,” ujar Pol. [JON]