Dark/Light Mode

Piala AFC

Lusa, Bali United Tunggu Nasib

Senin, 25 Januari 2021 06:21 WIB
Para pemain Bali United merayakan gol ke gawang Tampines Rovers di ajang di Kualifikasi Liga Champions Asia 2020, Selasa (14/1/2020). (Foto : Istimewa)
Para pemain Bali United merayakan gol ke gawang Tampines Rovers di ajang di Kualifikasi Liga Champions Asia 2020, Selasa (14/1/2020). (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nasib Bali United pada gelaran Piala AFC 2021 akan segera diketahui. Federasi Sepak Bola Asia (AFC) akan menghelat undian tersebut lusa (27/1).

Drawing akan digelar secara virtual di markas AFC di Kuala Lumpur, Malaysia, pada pukul 14.30 waktu setempat atau pukul 15.30 WIB untuk Piala AFC. Kemudian dilanjutkan dengan drawing Liga Champions Asia (LCA) pukul 16.30 waktu setempat atau pukul 17.30 WIB.

Bali United sebagai juara Liga 1 2019 akan langsung tampil pada fase grup Piala AFC. Indonesia punya peluang menambah wakil andai Persipura Jayapura yang merupakan peringkat ketiga Liga 1 2019, lolos dari babak play-off.

Baca juga : Piala FA : Man City 3-1 Cheltenham, The Citizens Telat Panas

Calon lawan Persipura di babak play-off adalah Visakha dari Kamboja atau Lalenok United dari Timor Leste. Visakha dan Lalenok akan saling berhadapan lebih dulu pada babak pra-eliminasi kedua.

Di babak pre-eliminasi zona ASEAN lainnya ada juga Lao Toyota asal Laos dan Kasuka dari Brunei. Lao Toyota dan Kasuka sudah ditunggu Hanthawaddy United dari Myanmar pada babak play-off.

Sementara, sudah ada 10 tim yang sudah lolos otomatis ke fase grup Piala AFC. Mereka adalah Kaya-Iloilo, Ha Noi, Sai Gin, Kedah, Terengganu, Lion City Sailors, Geylang United, Shan United, Bali United dan Boeung Ket. Lawan Bali United pada fase grup baru akan diketahui setelah drawing selesai digelar. Persipura juga bisa menyusul Bali United ke fase grup Piala AFC andai lolos dari babak play-off.

Baca juga : Galaxy A02s, Bisa Bikin Konten Olahraga

Mulai 2021, AFC menambah jumlah peserta turnamen antar- klub Asia. Piala AFC nantinya akan diikuti 39 klub dari yang biasanya 36 klub. Sedangkan Liga Champions Asia diikuti 40 klub dari yang biasanya 32 klub.

Sementara, PSSI dikabarkan setuju dengan ajakan Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) untuk memindahkan laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 ke Bulan Juni. Inisiasi FAM ini berangkat dari FIFA/AFC yang masih mempertimbangkan apakah lanjutan Pra-Piala Dunia digelar Maret atau Juni.

Untuk itu, FAM pun menjalin komunikasi dengan empat peserta lainnya di Grup G, yakni Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab (UEA). Malaysia dijadwalkan akan menjamu UEA pada 25 Maret dan Vietnam pada 30 Maret.

Baca juga : Soal Vaksinasi, BCL Tunggu Arahan Pemerintah

Terakhir, mereka akan bertandang ke Thailand pada 15 Juni. Namun, FAM mau semua laga sisa dimainkan di Bulan Juni saja. Jika itu terjadi, besar kemungkinan sistem pertandingan akan menjadi tersentralisasi dengan Thailand dan UEA dikabarkan siap menjadi tuan rumahnya.

“Empat dari lima tim Grup Pra-Piala Dunia telah setuju untuk memindahkan laga dari Maret ke Juni,” tulis keterangan News Strait Times. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.