Dark/Light Mode

Imbauan Di Rumah Saja Nggak Digubris

153 Ribu Mobil Keluar Jabodetabek Jelang Libur Isra Miraj

Kamis, 11 Maret 2021 15:55 WIB
Ilustrasi kendaraan keluar Jakarta di Tol Cikampek. (Foto : Antara)
Ilustrasi kendaraan keluar Jakarta di Tol Cikampek. (Foto : Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski ada imbauan di rumah saja selama libur Isra Miraj 1442, kendaraan yang keluar wilayah Jabodetabek mengalami lonjakan. PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 153.985 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek atau ada kenaikan 24,09 persen jika dibandingkan normal pada Rabu (19/3).

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama yaitu GT Cikupa (arah barat), GT Ciawi (arah selatan), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah timur).

"Untuk distribusi lalu lintas meninggalkan Jakarta dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 72.408 kendaraan menuju arah timur, 47.460 kendaraan menuju arah barat dan 34.027 kendaraan menuju arah selatan," kata Heru dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga : 23 Ribu Hektare Tambang Nikel Disita Kejagung

Adapun rincian distribusi lalin menuju arah timur, antara lain di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama 1, dengan jumlah 39.172 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik sebesar 44,86 persen dari lalin normal. Kemudian GT Kalihurip Utama 1, dengan jumlah 33.236 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik 35,96 persen dari lalin normal.

Total kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah timur adalah sebanyak 72.408 kendaraan, naik sebesar 40,63 persen dari lalin normal.

Sedangkan arus lalin meninggalkan Jakarta menuju arah barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 47.460 kendaraan, naik 6,62 persen dari lalin normal.

Baca juga : Liburan Nataru Di Rumah Aja, Jangan Keluar Dan Tertular

Sementara itu jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 34.027 kendaraan, naik sebesar 21,45 persen dari lalin normal. 

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau agar warga menahan diri selama long weekend. Sebab belajar dari libur panjang yang sudah berlalu, kasus Covid-19 di Jakarta selalu melonjak.

Anies mengimbau seluruh warga untuk tetap berada di rumah dan menahan diri untuk berpergian ke luar kota.

Baca juga : Menag: 30 Ribu Dolar Dari Keluarga Raja Arab Saudi

"Dari pertengahan minggu ini hingga akhir pekan, kita ada libur panjang perayaan keagamaan, yakni Isra Mikraj dan Nyepi. Sebaiknya, kita semua jangan bepergian keluar kota, tahan diri untuk tidak mengunjungi tempat-tempat keramaian," ujar Anies dikutip PPID DKI, Senin (8/3). [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.