Dark/Light Mode

Piala Menpora 2021

Kalahkan PSIS Semarang, PSM Makassar Melaju Ke Babak Final

Sabtu, 10 April 2021 11:19 WIB
PSM Makassar saat bertanding dengan PSIS Semarang. (Foto: PSSI)
PSM Makassar saat bertanding dengan PSIS Semarang. (Foto: PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PSM Makassar sukses melaju ke semifinal Piala Menpora 2021 setelah mengalahkan PSIS Semarang lewat babak adu penalti dengan skor 4-2 (0-0) pada Jumat (9/4).

PSIS sejak menit-menit pertama terus menekan Juku Eja julukan PSM. Tapi sayang hanya menciptakan peluang saja. Begitu pula PSM yang memiliki peluang melalui sisi sayap kiri lewat Rizky Eka Pratama dan juga digagalkan kiper.

Menjelang colling break, PSM meningkatkan tempo permainan. Yakob Sayuri berusaha membongkar pertahanan PSIS, namun kerap digagalkan. Menjelang turun minum, beberapa peluang diciptakan oleh PSM, namun tak ada yang berhasil. Hingga babak pertama berakhir tetap skor 0-0.

Memasuki babak kedua PSIS berinisiatif melakukan serangan.Sebaliknya PSM hanya mengandalkan serangan balik cepat. Peluang tercipta pada menit ke-50 lewat Hari Nur Yulianto, tapi kembali gagal yang kali ini dimentahkan pemain bertahan lawan.

Baca juga : PSM Makassar Vs PSIS Semarang Siap Adu Strategi

Pada menit ke-64 giliran PSM yang menciptakan peluang melalui serangan balik cepat. Namun masih gagal karena aksi Jandia Eka Putra di bawah mistar PSI Hingga peluit panjang akhir laga dibunyikan, tetap tidak ada gol yang tercipta sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Pada adu penalti PSIS mendapat kesempatan pertama dengan Pratama Arhan sebagai algojo. Ia gagal mengeksekusi penalti dengan baik sebab sepakannya mampu dibaca kiper lawan.

Sebaliknya Hasyim Kipuw sebagai penendang pertama PSM sukses menjalankan  tugasnya dengan baik. Sepakannya tidak bisa diantisipasi Jandia Eka Putra. Penendanf kedua PSIS juga gagal kali ini ada Hari Nur sebagai eksekutornya.

Berikutnya Rasyid Bakri mencetak gol kedua . Disusul Alfeandra Dewangga sebagai algojo ketiga. Algojo ketiga Juku Eja, Abdul Rachman, bisa mengelabui Jandia Eka Putra dengan sepakan panenka.

Baca juga : Besok Lawan PSM Makassar, Ini Harapan Stiker PSIS Semarang Hari Nur

Dilanjutkan dengan kesuksesan Fredyan untuk PSIS. Sutanto Tan yang menjadi penendang keempat PSM atau penentu kemudian sukses mencetak gol dan menutup drama adu penalti untuk kemenangan timnya. Syamsuddin senang karena para pemainnya berhasil melaju sejauh ini.

Pasalnya, sejak awal turnamen, tim berjulukan Juku Eja tersebut sama sekali tidak diunggulkan. "Alhamdulillah tim kami lolos ke babak semifinal. Tadinya kami ini dianggap tim underdog, tapi para pemain bekerja dengan sangat keras dan disiplin di setiap pertandingan. Itu yang selalu mereka perlihatkan saat di lapangan," tutur Syamsuddin.

Terkait keberhasilan memenangkan babak adu penalti, Syamsuddin mengaku tidak kaget. Pasalnya, sejak awal persiapan, ia sudah sering melatih para pemainnya untuk persiapan jika laga berlanjut ke babak tos-tosan.

"Saya instruksikan anak-anak untuk kerja keras dan hasilnya terlihat di lapangan. Untuk adu penalti, saya sudah siapkan sejak jauh-jauh hari. Kalau terjadi adu penalti, saya sudah siapkan siapa saja penendang-penendangnya," tutur Syamsuddin.

Baca juga : Lawan Persebaya, Maung Bandung Waspadai Pemain Lokal

Di babak semifinal, PSM akan berjumpa pemenang laga antara Persija Jakarta dan Barito Putera. Pertandingan tersebut bakal digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (10/4). [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.