Dark/Light Mode

Erick Thohir: IBL Bisa Jadi Contoh Sukses Bagi Industri Olahraga

Minggu, 11 April 2021 19:52 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Patra Rizkysyahputra/RM)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Patra Rizkysyahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Erick Thohir menilai pagelaran Indonesia Basket League (IBL) 2021 bisa dijadikan acuan bagi industri olahraga agar bisa tetap berputar tanpa melupakan unsur keselamatan selama pandemi Covid-19.

"Kita dapat menjadikan kesuksesan seri pertama IBL sebagai bukti bagaimana pemulihan kesehatan dan ekonomi bisa berjalan dengan beriringan," ujar Erick lewat siaran pers, Minggu (11/4).

IBL menggunakan sistem gelembung atau bubble. Seluruh pihak yang terlibat dalam IBL 2021 berada dalam satu wilayah di Cisarua yang diproteksi dari interaksi dengan orang di luar gelembung. Dengan begitu, penularan Covid-19 bisa diminimalisir. 

Baca juga : Menpora : Sport Science Pemandu Prestasi Olahraga

"Walau dengan sistem bubble, tidak mengurangi kualitas kompetisi dan mampu menghibur masyarakat," imbuhnya.

Erick yang juga menjabat Menteri BUMN itu juga berharap, kesuksesan seri pertama IBL dapat menjadi awal kebangkitan industri secara umum, khususnya olahraga.

Penyeimbangan antara disiplin protokol kesehatan dan kepentingan olahraga diyakininya akan memberi dampak yang sangat besar bagi masyarakat.

Baca juga : Erick Thohir Sampai BNN Sabet iNews Maker Awards 2021

"Ekonomi akan terus berputar, di sisi lain atlet akan terus berkompetisi untuk meningkatkan kemampuan. Dan masyarakat akan tetap mendapatkan hiburan. Sehingga perlahan kita bersama dapat melalui pandemi dengan optimistis tanpa melupakan disiplin protokol kesehatan," tandas Erick.

IBL Pertamax 2021 babak reguler telah bergulir pada 10 Maret hingga 10 April di Robinson Resort Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Setelah babak reguler usai, para personel akan mendapatkan jeda selama Ramadhan sebelum liga dilanjutkan ke babak playoff hingga final pada 26 Mei hingga 6 Juni di Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta.

Baca juga : Dana Desa Kini Bisa Dipakai Untuk Bangun Perpustakaan

Sebelum memasuki gelembung fase kedua, serangkaian pemeriksaan akan dilakukan oleh seluruh personel klub basket yang akan bertanding dalam kompetisi tersebut.

Masyarakat dapat menyaksikan pertandingan mulai babak playoff hingga final melalui saluran TVRI dan Youtube IBL TV. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.