Dark/Light Mode

Prancis Terbuka

Osaka Terancam Dicoret, Thiem Nyungsep Di Awal

Senin, 31 Mei 2021 05:48 WIB
Naomi Osaka. (Foto : Istimewa)
Naomi Osaka. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Petenis Jepang Naomi Osaka terancam didiskualifikasi dari Prancis Terbuka. Dominic Thiem harus angkat koper lebih cepat dari ajang Roland Garros musim 2021 ini.

Dominic Thiem yang masuk unggulan keempat secara mengejutkan tersingkir dari Grand Slam tanah liat Prancis 2021 setelah dikalahkan petenis non-unggulan Pablo Andujar 4-6, 5-7, 6-3, 6-4, 6-4, Minggu (31/5) malam waktu Paris.

Runner-up edisi 2028-2019 itu mengakui kekalahannya merupakan yang terburuk di Roland Garros karena permainan yang tidak stabil memasuki set pertengahan.

Baca juga : Prancis Terbuka, Fedex Mendadak Minder

"Saya sama sekali tidak berjuang dengan motivasi yang saya punya, perasaan itu tidak ada dalam pertandingan hari ini," kata Thiem seperti dilaporkan Reuters.

Awal bulan ini Andujar juga mengalahkan juara Grand Slam 20 kali Roger Federer, dan kini kembali mencatat kemajuan lainnya dengan mengalahkan petenis muda peringkat 10 besar dalam awal turnamen.

Thiem tercatat belum pernah kalah pada babak pembuka Roland Garros, tetapi catatan itu dipatahkan ketika petenis Spanyol itu melepaskan pukulannya dan membuat Thiem kewalahan dalam sejumlah kesempatan.

Baca juga : Rakyat Myanmar Terancam Kelaparan, Jepang Nyumbang Rp 57 M

"Sepertinya semua pukulan saya kehilangan tenaga dan tidak cukup akurat. Saya bergerak tidak cukup baik, jadi permainan saya tidak sepenuhnya baik," ungkap Thiem.

Sementara itu, petenis Jepang Naomi Osaka dijatuhi denda sebesar 15.000 dolar AS atau sekitar Rp214 juta, dan terancam diskualifikasi dari French Open karena menolak menghadiri konferensi pers setelah pertandingan.

Petenis nomor dua WTA itu sebelumnya mengawali kampanyenya di Grand Slam tanah dengan mencatatkan kemenangan dua set langsung atas petenis Rumania Patricia Maria Tig 6-4 7-6(4).

Baca juga : Prancis Larang Demo Dukung Palestina

Pekan sebelumnya, Osaka memutuskan tidak menghadapi awak media dalam sesi konferensi pers turnamen Grand Slam tanah liat di Paris karena alasan kesehatan mental. Keputusan tersebut dikeluarkan oleh dewan direksi Grand Slam menyikapi keputusan petenis Jepang yang dinilai menyalahi kewajiban peserta.

"Kami telah menasihati Naomi Osaka bahwa jika dia terus mengabaikan kewajiban medianya selama turnamen ini, maka dia akan menghadapi kemungkinan konsekuensi lebih jauh melanggar Kode Etik," tulis dewan direksi Grand Slam seperti dikutip Reuters, Senin. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.