Dark/Light Mode

Peraih Emas Disawer Rp 5,5 Miliar, Jokowi: Semoga Menginspirasi Terus Berprestasi

Jumat, 13 Agustus 2021 13:22 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan bonus kepada para atlet di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/8) pagi. (Foto : Kemenpora)
Presiden Joko Widodo memberikan bonus kepada para atlet di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/8) pagi. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo memberikan bonus kepada para atlet yang telah berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Pemberian penghargaan dilakukan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/8) pagi.

Bonus diberikan kepada Greysia Polii/Apriyani Rahayu peraih medali emas di nomor ganda putri cabang olahraga bulutangkis sebesar Rp 5.5 miliar.

Kemudian Eko Yuli Irawan peraih perak di nomor 61kg putra mendapatkan Rp 2.5 miliar. Sementara Windy Cantika Aisyah, Rahmat Erwin Abdullah dan Anthony Sinisuka Ginting peraih medali perunggu, masing-masing mendapatkan bonus Rp 1,5 miliar. Sementara atlet yang tidak meraih medali mendapat Rp 100 juta.

Baca juga : Raih Suntikan Dana Rp 1, 124 Triliun, Yellow.ai Kembangkan Automasi

Selain atlet, pelatih yang atletnya meraih emas mendapat Rp 2.5 miliar, perak mendapat 1 miliar dan perunggu Rp 600 juta. Pelatih yang atletnya tidak meraih medali mendapat Rp 100 juta.

"Medali emas yang diberikan oleh bulutangkis ganda putri, ini melanjutkan tradisi medali emas Indonesia di Olimpiade Rio 2016," ucap Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi bangga atas perjuangan, kerja keras yang telah dilakukan atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. "Alhamdulillah, saudara-saudara telah kembali ke tanah air dalam keadaan sehat dan selamat. Saya beserta seluruh rakyat sangat bangga atas perjuangan, kerja keras yang telah saudara-saudara lakukan di Olimpiade Tokyo 2020," katanya.

Baca juga : Jokowi Semangati UMKM Kerja Keras, Tahan Banting

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengapresiasi atas raihan medali di Olimpiade Tokyo 2020. "Saya mengapresiasi hasil dari medali yang telah di raih baik emas oleh oleh ganda putri bulutangkis Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Peraih perak oleh oleh Eko Yuli Irawan di nomor 61kg putra,' ujarnya.

"Peraih medali perunggu oleh Windy Cantika Aisyah dari cabang olahraga angkat besi nomor 49kg putri, Rahmat Erwin Abdullah dari cabang olahraga angkat besi di kelas 73kg putra dan tunggal putra di cabang bulutangkis Anthony Sinisuka Ginting," tambahnya.

Presiden Jokowi juga mengucapkan terimakasih kepada pelatih dan official. "Saya juga ucapkan terima kasih kepada seluruh atlet, pelatih, ofisial, Chef de Mission, duta besar RI untuk Kerajaan Jepang serta berbagai pihak yang telah mensukseskan perhelatan besar ini," jelasnya.

Baca juga : Menpora: Pemerintah Pasti Mengapresiasi Atlet Berprestasi

Ia melanjutkan, bonus juga diberikan kepada para pelatih dan juga para atlet non peraih medali. "Semoga prestasi yang saudara-saudara raih dapat menjadi inspirasi, dapat menjadi teladan dan dapat menjadi dorongan serta motivasi bagi para atlet dan masyarakat kita semuanya agar terus bekerja keras, terus berprestasi dan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara," tutupnya.

Sementara itu, Menpora Amali melaporkan bahwa Indonesia mengirim 28 atlet dan mengikuti 8 cabang olahraga di Olimpiade Tokyo 2020.

"Kita mengirimkan 28 atlet dan 26 ofisial dan mengikuti 8 cabang Olahraga, bulutangkis, angkat besi, panahan, atletik, selancar, menebak, dayung dan renang. Dari perolehan yang didapatkan kita mendapatkan 1 emas, 1 perak dan 3 perunggu," tutur Menpora Amali. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.