Dark/Light Mode

Serahkan Banpres Di Halaman Istana

Jokowi Semangati UMKM Kerja Keras, Tahan Banting

Sabtu, 31 Juli 2021 05:15 WIB
Presiden RI Serahkan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) Tahun 2021 Secara Simbiolis Kepada Perwakilan Penerima Bantuan (30/7). (Foto : Istimewa)
Presiden RI Serahkan Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) Tahun 2021 Secara Simbiolis Kepada Perwakilan Penerima Bantuan (30/7). (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menyerahkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro (PUM) kepada 20 perwakilan penerima bantuan di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, kemarin.

Mengenakan kemeja putih lengan panjang dan masker hitam, Jokowi didampingi Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Total bantuan diberikan kepada 12,8 juta pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai bagian dari kompensasi dampak pandemi Covid-19. Anggaran yang digelontorkan untuk bantuan ini pun tak tanggung-tanggung, mencapai Rp 15,3 triliun.

Baca juga : Jokowi Minta Pengusaha Kecil Dan Mikro Lebih Tahan Banting

Jokowi memberikan semangat kepada penerima bantuan agar tetap berjuang di masa pandemi.

“Bapak, Ibu, semuanya harus bekerja lebih keras lagi, tahan banting,” tegas eks Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi mengatakan, kondisi sekarang tidaklah mudah. Tidak ada seorang pun yang mengetahui kapan pandemi ini akan berakhir. Termasuk Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Baca juga : Mentan Bersama Wali Kota Bogor Pantau Ketersediaan Hewan Kurban

Kendati begitu, mantan Wali Kota Solo ini memahami situasi yang dialami kalangan pengusaha, terutama pelaku usaha kecil. Namun, kondisi yang sama juga dialami di seluruh dunia.

“Sekarang dalam kondisi yang tidak mudah, sangat sulit. Benar, tapi itu dirasakan oleh semuanya, tidak hanya Bapak Ibu sekalian,” ucap Jokowi.

Karena itu, untuk mengurangi dampak yang dialami para pelaku UMKM, Banpres PUM digelontorkan.

Baca juga : Pasien Covid Banyak Ngemper Di Halaman, Ini Penjelasan RSUD Kota Bekasi

Jokowi berharap, Banpres ini dapat menambah modal, sehingga usaha para pedagang kecil bisa tetap bertahan di tengah pandemi. Serta bisa mendorong ekonomi nasional semakin tumbuh lebih baik lagi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.