Dark/Light Mode

PSSI Terus Pacu Garuda Select untuk Tampil Prima di Olimpiade 2024

Sabtu, 18 Mei 2019 13:13 WIB
Tim Garuda Select saat berforo bersama Sekjen PSSI Ratu Tisha. (Foto: Istimewa).
Tim Garuda Select saat berforo bersama Sekjen PSSI Ratu Tisha. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah lima bulan berada di Inggris, tim Garuda Select telah tiba di Indonesia pada Rabu (15/5). Sebanyak 24 pemain tentu mendapat pengalaman dan kesempatan yang luar biasa selama periode bulan Januari hingga Mei 2019.

Para pemain dilatih oleh Dennis Wise sebagai direktur program, dan Des Walker sebagai pelatih tim. Mereka telah mendapatkan pelatihan dengan standar Eropa, baik di dalam dan di luar lapangan. Program Garuda Select merupakan kerja sama PSSI dan SuperSoccer TV.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria mengatakan Garuda Select adalah bagian dari Program Elite Pro Academy (EPA) Klub Liga 1 U-16 & U-18. Program akselerasi pengembangan usia muda ini adalah langkah menuju Target Olimpiade 2024 & Lolos Piala Dunia 2030. Fokus pada pengembangan pemain, bukan pembentukan tim.

Baca juga : Keren, Wayang Kulit dan Gamelan Tampil Memukau di Belanda

"PSSI berterimakasih atas dukungan SuperSoccer TV di program Garuda Select. Setiap tahunnya, 25 Pemain terbaik dari hasil kompetisi EPA U-16 dan U18 mendapatkan beasiswa belajar, berlatih dan bertanding di Inggris selama minimal 5 bulan, tergantung jadwal kompetisi yang ada di Indonesia. Selain itu, pemain mendapatkan kursus kepelatihan FA Level 1 coaching badge," kata Ratu Tisha.

Sementara itu Mirwan Suwarso selaku SuperSoccer TV Business Development Director mengungkapkan bahwa dukungan SuperSoccer TV dalam memberikan liputan menyeluruh bertujuan agar para pencinta sepakbola tanah air bisa ikut menyimak dan mengambil pelajaran dari kegiatan tim Garuda Select di Inggris.

Tayangan dari program Garuda Select ini terbukti diminati oleh pemirsa SuperSoccer TV melalui hasil streaming yang luar biasa, baik Live Match ataupun liputan dokumenter mingguannya.

Baca juga : Jokowi Bisa Wujudkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

“Dari 17 laga yang dimainkan selama program, pertandingan puncak melawan Chelsea U16 meraih jumlah rekor penonton terbesar yang pernah diraih SupeSoccer TV yaitu sebanyak 4.778.982 penonton. Sementara untuk liputan dokumenter berjudul Dream Chasers di SuperSoccer TV, angka tertinggi diraih dari episode 13 yang tayang tanggal 23 April 2019 dan meraih 6.612.942 penonton.

Semua keberhasilan ini merupakan buah dari keseriusan tim SuperSoccer TV dalam memberikan yang terbaik bagi semua program tayangan Garuda Select, mulai dari memberikan tayangan Live Match dengan kualitas tinggi, menghadirkan komentator ternama Paul Dempsey, Lee Hendrie dan bahkan pengisi suara game FIFA 19 Alan Smith,” Ucap Mirwan.

Tahun 2019, Garuda Select dilatih oleh Dennis Wise dan Des Walker. Setelah lima bulan, pemain akan kembali berkompetisi di EPA U-18 dan U-20. Ratu Tisha kembali menjelaskan bahwa ke depannya, 25 pemain terbaik selanjutnya hasil Kompetisi EPA akan dikirim kembali.

Baca juga : Bertolak Ke Myanmar, Garuda Putri Songsong Pra Olimpiade 2020

"Kami harap pada tahun 2024, akan ada 250 pemain yg telah memiliki pengalaman bermain dan berlatih di level sepak bola dunia. 23 pemain dari 250 pemain terbaik. Yang Insha Allah akan mengantarkan Indonesia menuju Olimpiade 2024," tutup Ratu Tisha. [Wur

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.