Dark/Light Mode

PON Papua

Zohri Dan Sapwaturrahman Sumbang Emas Buat NTB

Rabu, 6 Oktober 2021 20:13 WIB
Lalu Mohammad Zohri (195) seusai mengikuti final lari 100 meter putra PON XX Papua di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex, Rabu (06/10). (Foto : PB PON Papua / Rommy Pujianto)
Lalu Mohammad Zohri (195) seusai mengikuti final lari 100 meter putra PON XX Papua di Stadion Atletik, Mimika Sport Complex, Rabu (06/10). (Foto : PB PON Papua / Rommy Pujianto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kontingen Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil meraih medali tiga emas, dua diantaranya lewat cabang olahraga atletik lewat Lalu Muhammad Zohri dan Sapwaturrahman di ajang PON Papua.

Lalu Muhammad Zohri berhasil meraih medali emas cabang olahraga atletik nomor lari 100 meter putra PON XX Papua 2021. Sprinter asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu mendapat emas setelah finis pertama dengan catatan waktu 10,46 detik dalam lomba di GOR Mimika Sport Complex, Rabu (6/10/2021).

Lalu Mohammad Zohri mengungguli rekan seprovinsinya, Sudirman Hadi, yang mengamankan medali perak dengan catatan waktu 10,68 detik. Sementara itu, medali perunggu diraih oleh atlet asal Kalimantan Tengah Eko Rimbawan (10,692 detik).

Baca juga : Target Meleset, Layar Cuma Nyumbang Tiga Perak Untuk DKI

Meski meraih medali emas PON Papua 2021, Zohri tak mampu memecahkan rekor nasional atas namanya sendiri dengan catatan waktu 10,03 detik pada 2019. Lalu Muhammad Zohri tetap puas dengan pencapaiannya di PON Papua
 

Sebelumnya emas juga diraih dari nomor lompat jauh putra yang disumbangkan Sapwaturrahman.  Bertanding pada laga final di venue atletik di Mimika Sports Center (MSC), Sapwaturahman tampil dengan lompatan sejauh 7.58 meter dan mengalahkan atlet dari Sumatera Utara dan Bangka Belitung.

Namun, pencapaian tersebut tidak bisa memecahkan rekor nasional yang dicetaknya sendiri di tahun 2018 dengan lompatan sejauh 8.09 meter. Sapwaturahman mengaku bersyukur bisa meraih emas. Emas tersebut dia persembahkan untuk kelahiran anaknya.

Baca juga : Kontingen Jawa Timur 2 Medali Emas Renang 3 KM

"Alhamdulillah saya persembahkan untuk anak saya yang baru lahir dan kelahirannya merupakan motivasi buat saya," tuturnya.

Di PON XX Papua 2021, ia mengaku tidak pasang target tinggi, seperti memecahkan rekor. Tekadnya hanya mempersembahan yang terbaik buat daerahnya. "Target saya tidak muluk-muluk hanya mau mempersembahkan yang terbaik buat NTB," tegasnya.

Sapwaturahman memuji kesuksesan Papua sebagai tuan rumah PON XX. "Papua hebat Papua keren pokoknya,"ujarnya.

Baca juga : Kontingen Selam DKI Jakarta Sumbamg 3 Emas

Sebelumnya medali emas diraih pada cabor panjat tebing di nomor boulder beregu putri yakni Nurul Iqamah, Ayu Fatullah (Kota Bima), Anggun Yolanda dan Ade Irma Suryani. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.