Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Guardiola: Tanpa Messi, Barca Nggak Punya Nyawa

Minggu, 10 Oktober 2021 12:46 WIB
Mantan Pelatih Barcelona, Pep Guardiola. (Foto : Ist)
Mantan Pelatih Barcelona, Pep Guardiola. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Manchester City Pep Guardiola buka suara soal amburadulnya performa Barcelona sejak ditinggal Lionel Messi. Dia mengaku tidak terkejut dengan situasi Barca saat ini.

“Lionel Messi lebih dari sekadar pemain hebat. Dia nyawa Barcelona,” kata Guardiola seperti dikutip dari The Guardian, kemarin.

Baca juga : Gisella Anastasia, Batasi Ngartis

“Ketika dia pergi, jangankan saya, orang-orang pasti berpikiran Barca akan tamat. Itu tidak bisa dipungkiri, dan Barca butuh waktu lama untuk bisa seperti semula,” imbuhnya.

Mantan pelatih Barca itu menambahkan, bukti Messi adalah pembeda di tim Catalan adalah ketika berhasil bikin 40-an gol dalam semusim. Messi pun merupakan top skor klub sepanjang masa dengan 672 gol, serta mampu mempersembahkan 30 gelar juara.

Baca juga : Gus Halim: Transparansi Jamin Hak Warga Negara Untuk Tahu

“Prestasi ini bukti Messi adalah pembeda. Dia tak melulu mencetak gol, tapi assist-nya dan pergerakannya sangat memudahkan tim. Tanyakan saja pada pemain-pemain yang pernah bermain dengannya,” ujar Guardiola.

Tapi memang, nasib Barca kian memprihatinkan sejak Messi hengkang ke Paris Saint Germain (PSG) awal musim ini. Jangankan di kancah Liga Champions, Barca bahkan sudah seperti macan ompong di La Liga.

Baca juga : Geng Messi Cs Datang, Donnarumma Nggak Tenang

Mereka kini terlempar ke peringkat kesembilan dengan koleksi 12 poin dari tujuh laga. Di Liga Champions, nasibnya lebih nahas. Blaugrana dua kali kalah dari Bayern Munich dan Benfica dengan skor telak 0-3, sementara di dasar Grup E.

Salah satu penyebab amburadulnya Barcelona diyakini adalah karena kepergian Messi. Sudah sekitar 17 musim lamanya, akhirnya Messi meninggalkan Camp Nou. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.