Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PON XX Papua

Raih 14 Medali, Jabar Juara Umum Pencak Silat

Selasa, 12 Oktober 2021 20:23 WIB
PON XX Papua Raih 14 Medali, Jabar Juara Umum Pencak Silat

RM.id  Rakyat Merdeka - Jawa Barat berhasil meraih gelar juara umum di Cabang Olahraga Pencak Silat PON XX Tahun 2021 pada partai final di GOR Habel Melkias Suwae, Toware, Kabupaten Jayapura, Selasa (12/10).

Kontingen Jawa Jarat berhasil mengemas 14 medali, di antaranya, 6 medali emas, 5 perak dan 3 perunggu. Raihan 14 medali ini menjadikan Jawa Barat sebagai juara umum, sekaligus mempertahankan gelar tersebut sejak menjadi tuan rumah pada PON XIX Tahun 2016.

Torehan itu juga menggeser DKI Jakarta di posisi kedua yang meraih 3 medali emas dan 3 perak, sedangkan tuan rumah Papua puas di urutan ketiga dengan 2 medali emas, 4 perak dan 3 perunggu.

Baca juga : Setelah 17 Tahun, Jabar Pastikan Emas Di Nomor Tunggal Putra Bulutangkis

Manager Tim Jawa Barat, Mulyana mengatakan, ini adalah hasil yang luar biasa, karena dari semua nomor Jawa Barat bisa bersaing dan memberikan hasil medali, sehingga gelar juara umum di PON, khususnya Cabang Olahraga Pencak Silat dapat dipertahankan.

"Alhamdulillah yah, kita bisa mempertahankan juara umum meskipun kelas regu putri milik kita tidak dipertandingkan di PON XX kali ini," ujar Mulyana.

Ia juga mengatakan, dengan hasil ini kontingen pencak silat Jawa Barat tidak akan berpuas diri. Namun pihaknya akan segera kembali untuk mempersiapkan atlet melalui Pelan Olahraha Daerah (Porda) untuk dipersiapkan menuju PON selanjutnya.

Baca juga : Raih 9 Medali, Kaltim Juara Umum Cabor Layar

“Setelah ivent PON di Papua kita di internal sendiri akan melaksanakan Porda, untuk menjaring atlet yang nantinya akan dipersiapkan untuk PON di Medan dan Aceh,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa kunci hingga Jawa Barat berhasil menjadi juara di PON adalah pembinaan berkelanjutan yang tidak lepas dari proses regenerasi pesilat.

“Pesilat yang kami bawa ke Papua ini selalu ada pesilat senior dan junior, nantinya yang junior akan menjadi senior dan diharapkan mereka yang akan bersinar di event-event yang akan datang,” pungkas Mulyana. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.