Dark/Light Mode

Liga Champions

Juventus Vs Zenit St. Petersburg, Nyonya Tua Ngebet Perpanjang Rekor

Rabu, 20 Oktober 2021 10:21 WIB
Para pemain Juventus. (Foto: JuventusFC)
Para pemain Juventus. (Foto: JuventusFC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juventus dijadwalkan bersua Zenit St. Petersburg pada laga lanjutan babak kualifikasi Liga Champions musim 2021-2022 Grup H di Gazprom Arena, Kamis (21/10) dini hari nanti. Si Nyonya Tua menargetkan angka penuh.

Keperkasaan wakil Italia atas Zenit tidak lepas dari apiknya performa Juve di laga-laga terakhir. Terutama saat menumbangkan tim besar seperti AS Roma dengan skor tipis 1-0 pekan lalu.

Sebab, hasil positif tersebut sekaligus memperpanjang rekor kemenangan beruntun Juventus yang kelima di semua ajang.

Misi tersebut kembali diusung tim arahan Massimiliano Allegri saat berhadapan dengan Zenit.

Baca juga : Inter Milan Vs Sheriff, Nerazzurri Butuh Energi

Di sisi lain, Zenit kembali gagal meraih kemenangan dalam lanjutan jadwal Liga Super Rusia pekan lalu. Melawat ke markas Arsenal Tula, Artem Dzyuba dan kolega tumbang dengan skor tipis 2-1.

Pelatih Zenit, Sergei Semak, harus mendongkrak motivasi para pemainnya jelang pertandingan melawan Juventus. Rekor kekalahan beruntun sebelumnya di ajang domestik tentu berpengaruh pada turunnya performa mereka. Selain memperbaiki mental para pemain, Sergei Semak juga perlu meningkatkan kemampuan finishing touch penyerangnya.

Jika dilihat dari statistik, laga kontra Arsenal pekan lalu sejatinya bisa saja dimenangkan oleh Zenit. Sepanjang 90 menit Zenit mampu menguasai bola sebanyak 72 persen. Tembakan yang dilancarkan pun cukup intens yakni 26 kali.

Namun sayangnya, lini depan Zenit saat itu tak cukup teknis untuk mengonversi segudang peluang itu. Buruknya penyelesaian akhir Zenit tak boleh terulang di laga nanti. Jika itu terjadi, Juventus tak segan bakal balik menyerang dan menjebol gawangnya.

Baca juga : Man City Vs Club Brugge, Pep Sumringah Dalam Tekanan

Keuntungan sebenarnya sedang dalam pihak Zenit. Trio strikernya bakal tersedia dalam laga nanti. Mereka adalah Malcom, Artem Dzyuba, dan Sardar Azmoun. Kemampuan ketiga penggawa tersebut dalam mencetak gol tak perlu diragukan lagi.

Di liga domestik, Malcom telah membukukan dua gol dan tiga assist, sementara Dzyuba tampil lebih dominan dengan lima gol dan tiga assist. Satu lagi, Azmoun, sejauh ini telah menorehkan lima gol. Kembalinya trio tersebut memang bukan jaminan Zenit meraih kemenangan. Namun setidaknya, dengan itu, peluang mencetak gol mereka lebih besar ketimbang laga sebelumnya.

Sayangnya, lawannya kali ini bukan tim kecil. Juventus tak bisa dianggap enteng. Terlebih saat ini Si Nyonya Tua sedang dalam kondisi on fire setelah sukses menaklukkan Roma 1-0 dalam lanjutan jadwal Serie A pekan lalu.

“Hasil yang sangat bagus. Ini adalah pertandingan ketiga dimana kami tidak kebobolan, itu adalah hal yang positif. Roma adalah tim yang mengandalkan fisik dan teknik, tetapi kami tetap berhasil untuk bermain dengan baik,” ungkap pelatih Juventus, Massimiliano Allegri.

Baca juga : Liverpool Vs Atletico Madrid, Koke Ngejar Hattrick

Lanjutnya, Allegri tetap ingin meningkatkan performa skuadnya. Menurutnya, meski skuadnya meraih kemenangan bukan berarti tidak ada yang perlu diperbaiki. “Kami memegang bola dengan baik, tetapi kami masih harus memperbaiki cara kami mengumpan bola di sisi lapangan musuh,” sambung Allegri.

Sardar Azmoun absen saat Zenit bertamu ke markas Arsenal Tula dalam lanjutan jadwal Liga Rusia pekan lalu. Namun, masa larangan bermainnya sudah usai dan ia tersedia dalam laga nanti. Magomed Ozdoev adalah satu-satunya pemain yang bakal absen di pertandingan melawan Juventus nanti. Selain Ozdoev, semua pemain Zenit siap diturunkan.

Di kubu seberang, Massimiliano Allegri selaku pelatih Juve diragukan bisa menurunkan beberapa pemainnya. Mereka adalah Matthijs de Ligt, Adrien Rabiot, dan Paulo Dybala. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.