Dark/Light Mode

Liga 1 Indonesia

Bajo Ijo Ditahan Persela, Aji Kritik Keputusan Wasit

Jumat, 22 Oktober 2021 05:47 WIB
Selebrasi para pemain Persebaya usai Ricky Kambuaya mencetak gol. (Foto : Persebaya)
Selebrasi para pemain Persebaya usai Ricky Kambuaya mencetak gol. (Foto : Persebaya)

RM.id  Rakyat Merdeka - Laga pekan kedelapan Liga 1 antara Persebaya Surabaya vs Persela Lamongan berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (21/10/2021). Pelatih Persebaya mengkritik kerja wasit.

Pertahan grendel yang diperagakan Laskar Joko Tingkir  tidak dapat ditembus Taisei Marukawa dkk pada laga di Yogyakarta ini.

Baca juga : Persik Kediri Vs Persipura, Duel Dua Pesakitan

Sejatinya klub kebanggaan arek-arek Suroboyo mendominasi jalannya pertandingan. Sebanyak 63 persen penguasaan bola dimiliki oleh Persebaya.

Surabaya juga lebih unggul di menit ke-11 lewat gol yang diciptakan Ricky Kambuaya. Sementara gol balasan Persela Lamongan diciptakan oleh Ivan Carlos di menit ke-34.

Baca juga : Persib Vs PSS Sleman, Maung Bandung Incar Pemuncak Klasemen

Usai laga, pelatih klub Bajol Ijo, Persebaya Surabaya, Aji Santoso, mengkritik jalannya laga. Itu karena gol Persebaya sempat tidak diakui wasit.

Kejadian kontroversinya terjadi pada menit ke-34. Jose Wilkson melepaskan tendangan bebas keras dari luar kotak penalti. Bola sempat lepas dari penjaga gawang Dwi Kuswanto dan bergulir melewati garis gawang. Namun, wasit tidak mengakui gol tersebut.

Baca juga : Persija Vs Madura United, Rohit Masuk Barisan

"Saya sampaikan setelah masuk di ruangan ganti pemain, saya melihat foto saya melihat siaran ulang, saya melihat kejadian bahwa yang pertama, ketika Persebaya cetak gol 100 persen itu gol 100 persen, gol karena sudah melewati batas garis,” ucap Aji Santoso saat konferensi pers virtual, pada Kamis malam (21/10/2021).

Aji juga mengkritik keputusan wasit yang tetap mengesahkan gol Carlos. Padahal pemain asal Brasil ini sudah berada pada posisi offside sebelum melakukan dribbling dan menendang bola yang bersarang ke gawang Andika Ramadhani.

“Ini saya tidak menyalahkan siapa-siapa, yang jelas komisi wasit harus segera turun tangan, dan untuk mengevaluasi,” ujar pelatih kelahiran Malang ini.

Dia juga memaparkan kontroversi wasit ini dilihatnya tak hanya terjadi di laga Liga 1 saja, juga Liga 2. Dimana Aji juga menyoroti banyaknya keputusan wasit yang dianggap sangat kontroversial.

“Karena tidak hanya di Liga 1, di Liga 2 juga banyak keputusan-keputusan yang sangat kontroversial. Ini tidak bisa dibiarkan, kalau ingin sepakbola kita berkembang, sepakbola kita maju, tidak bisa dibiarkan, apakah itu di Liga 1 atau Liga 2, saya lihat banyak kejadian–kejadian janggal,” terangnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.