Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenpora Fokus Kasus Covid-19 Tak Nongol Di Peparnas

Minggu, 31 Oktober 2021 05:21 WIB
Menpora Zainduin Amali. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainduin Amali. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Munculnya kasus Covid-19  di ajang PON menjadi perhatian pemerintah. Kemenpora kini tengah fokus berbenah agar pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua aman dari Covid-19. 

"Antisipasi penyelenggaraan Peparnas XVI Papua dalam menekan penyebaran Covid-19 memang menjadi konsen pemerintah. Pengalaman pada saat penanganan PON yang lalu untuk Covid-19 menjadi pelajaran, pengalaman sekaligus menjadi masukan untuk panitia besar Peparnas," kata Menpora Amali dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/10).

Baca juga : Netizen: Yang Ngeyel Terus Langgar Prokes, Digampar Aja

"Ini memang menjadi konsen pemerintah karena penyelenggaraan multieven nasional paralimpik ini ditengah-tengah pandemi yang masih melanda negeri ini. Mana yang menjadi hal-hal yang menimbulkan adanya Covid itu yang akan diberikan perhatian," tambahnya.

Pada saat PON yang lalu lanjutnya, para atlet dan pelatih ditempatkan di penginapan dan wisma-wisma atlet. Untuk Peparnas ini maka semua atlet akan ditempatkan di hotel di Kabupaten dan Kota Jayapura. Hal ini diharapkan juga untuk lebih menghindari penyebaran Covid-19. 

Baca juga : Bantu Penanganan Covid-19, PT Soho Industri Pharmasi Donasikan Veklury

"Pada saat PON lalu yang terkena itu atlet, pelatih dan panitia. Mudah-mudahan ini menjadi catatan penting dan pemeritah memberi perhatian khusus untuk hal-hal seperti itu.Untuk pelatih dan tenaga pendamping baru di wisma atlet karena mereka tidak membutuhkan hal-hal yang khusus," ujarnya.

Dari sisi pengamanan Menpora Amali yakin pihak TNI/Polri dan BIN mampu melaksanakan tugasnya dengan baik sama pada saat pengamanan PON XX yang dilaksanakan di beberapa cluster.

Baca juga : Kemenpora-UI Jajaki Kerja Sama Bidang Pemuda Dan Olahraga

"Upaya pengamanan masih sama dengan pada saat PON yakni menjadi tanggungjawab TNI-Polri dan juga Badan Intelijen. 
Jadi, semua disiapkan dan dibuat nyaman. Untuk keamanan ini saya mengulangi dan menyampaikan bahwa, apa yang kita khawatirkan dan kita takuti sebelumnya ternyata itu tidak terbukti. Saya hampir 20 hari berkantor di Papua selama PON dan aman-aman saja. Kesana-kemari tidak perlu pengawalan yang ketat bahkan saya kadang jalan sendiri tidak ada masalah," urai Menpora Amali.

"Mudah-mudahan suasana seperti itu akan terjadi saat Peparnas ini sehingga suasana aman, nyaman serta atlet bisa bertanding dengan enak tanpa ada kekhawatiran yang berlebihan dan semua bisa lancar. Saya percaya kepada pihak TNI-Polri dan BIN kita sudah bekerja dengan sebaik-baiknya, mereka bisa mengamankan PON saya yakin pasti juga bisa mengamankan Peparnas ini," tutup Menpora Amali. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.