Dark/Light Mode

Gubernur Papua Minta PB Peparnas Optimal Layani Atlet Disabilitas

Jumat, 5 November 2021 20:54 WIB
Gubernur Papua Lukas Enembe (Foto: Info Publik)
Gubernur Papua Lukas Enembe (Foto: Info Publik)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Papua Lukas Enembe mengucapkan selamat datang untuk para atlet yang akan bertanding di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua, yang diselenggarakan pada 2-15 November 2021.

"Selamat datang para kontingen Peparnas," ujar Enembe, ketika Malam Baku Dapa (Jamuan Makan Malam) Peparnas XVI Papua 2021, di Rumah Negara, Kota Jayapura, Kamis (4/11).

Baca juga : Ketua NPC Jempolin Jokowi Dan Menpora Yang Melototin Pembinaan Atlet Disabilitas

Enembe menambahkan, seluruh Panitia Besar (PB) Peparnas harus melayani dengan optimal para atlet yang akan bertanding tersebut. Sebab, para kontingen atlet disabilitas datang jauh dari tempatnya masing-masing.

Sebagai tuan rumah, lanjutnya, PB Peparnas harus menghargai upaya para atlet disabilitas ini. Untuk itu, kebutuhan para atlet, mulai transportasi hingga akomodasi yang diperlukan saat mereka bertanding, harus dipenuhi dengan baik.

Baca juga : Persiapan Peparnas, Kemenko Polhukam Gelar Rakor Di Papua

Di sisi lain, sebagai bentuk apresiasi terhadap ajang ini, Enembe akan memberikan insentif yang mencapai Rp 1.050.000.000 ke setiap atlet disabilitas asal Papua yang mendapatkan medali emas dalam ajang ini. Bonus ini lebih besar daripada yang diberikan kepada atlet pada olahraga konvensional yang mendapatkan emas dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON), bulan lalu.

Hal tersebut, lanjutnya, sebagai bentuk apresiasi terhadap atlet disabilitas yang saat ini berlaga. Agar tetap bersemangat melakukan yang terbaik dalam setiap laga pertandingan yang digelar. "Bonus yang diberikan untuk menambahkan semangat para atlet disabilitas," tuturnya.

Baca juga : Sri Mul Minta Upaya Global Untuk Pulih Bersama Difasilitasi

Menanggapi hal itu, Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Senny Marbun mengatakan, ajang ini merupakan media untuk mengasah keterampilan para atlet disabilitas. Oleh karena itu, setiap atlet harus mengerahkan segenap kemampuan dalam pertandingan yang digelar. "Manfaatkan ajang ini untuk mengasah kemampuan para atlet disabilitas," katanya.

Dia juga berpesan, bila belum menjadi juara, atlet jangan putus asa. Tetap semangat melakukan latihan dengan rutin untuk menjadi juara dalam ajang Peparnas selanjutnya yang digelar di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut). "Jangan menyerah. Jika belum menjadi juara, tetap latihan untuk Peparnas selanjutnya," tuturnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.