Dewan Pers

Dark/Light Mode

Persija Muda Nggak Bakal Sia-siakan Kesempatan Masuk TC Timnas U-18

Minggu, 14 Nopember 2021 13:03 WIB
Pemain muda Persija, Alfriyanto Nico Saputro. (Foto : Persija)
Pemain muda Persija, Alfriyanto Nico Saputro. (Foto : Persija)

RM.id  Rakyat Merdeka - Enam pemain Persija Jakarta yang dipanggil mengikuti TC timnas U-18 bertekad menunjukkan penampilan terbaiknya agar bisa lolos membawa Indonesia berlaga di pentas Piala Dunia U-20.  

Cahya Supriadi (kiper), Muhammad Uchida Sudirman (bek), Muhammad Ferarri (bek), Radzky Syawal Ginting (gelandang), Raka Cahyana Rizky (striker), dan Alfriyanto Nico Saputro (sayap), adalah enam pemain Persija yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas U-18.

Timnas yang diproyeksikan tampil dalam Piala Dunia U-20 2023 itu menggelar TC di Jakarta pada 13-15 November 2021 dan Antalya, Turki, pada 16 November-1 Desember 2021.

Berita Terkait : Presiden: Sirkuit Mandalika Siap Digunakan Untuk Ajang Kelas Dunia

Nico mengaku bersyukur bisa kembali menjadi bagian dari timnas besutan Shin Tae-yong. Sebelum TC bulan ini, namanya sudah sempat masuk dalam TC U-19 di Spanyol pada akhir 2020 hingga awal 2021. Nico pun berharap ia dan koleganya yang mengikuti timnas bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. 

“Semoga bisa memberikan yang terbaik untuk timnas. Jangan sia-siakan peluang ini buat masa depan kami berenam. Lebih baik lagi, kalau sudah di timnas dan kembali ke Persija jangan meninggalkan kedisplinan di timnas,” kata Nico.

Hal senada diutarakan oleh Ferarri. Bek muda berusia 18 tahun itu bertekad menunjukkan performa terbaiknya dalam TC Garuda Muda. “Kami siap untuk bergabung dengan timnas. Semoga bisa menunjukkan penampilan terbaik kami,” tuturnya.

Berita Terkait : Pemuda Cerdas Ngaku Reinkarnasi Makhluk Mars

Sementara itu Manajer Persija, Bambang Pamungkas, mengatakan bahwa Macan Kemayoran dengan senang hati melepas keenam pemain itu kendati tenaganya dibutuhkan untuk mengarungi seri 3 BRI Liga 1 2021/2022.

“Memperkuat timnas tidak hanya sebuah kewajiban namun juga kebanggaan. Sebagai sebuah klub, Persija akan selalu berusah untuk mendukung program tim nasional. Jadi apa bila ada pemain Persija yang dipanggil tim nasional, tentu kami turut merasa bangga.” kata Bambang Pamungkas, Manajer Persija dilansir laman resmi klub, Sabtu (13/11).

“Namun demikian, banyaknya pemain yang dipanggil tim nasional sedikit banyak tentu akan mempengaruhi kekuatan tim menuju seri 3 BRI Liga 1. Namun, Persija memiliki tanggung jawab sejarah dalam memajukan sepak bola Indonesia. Dan oleh karena itu kami melepaskan pemain ke timnas,” ucap Bepe, sapaan akrab Bambang.

Berita Terkait : Kompetisi EPA, Modal Debutan Terpilih Masuk Timnas U-18

Jika melihat jadwal seri 3, pemain yang dipanggil timnas akan absen di tiga pertandingan awal, yaitu melawan Persib (20/11/2021), Bali United (25/11/2021), dan Borneo FC (29/11/2021). [IPL]