Dark/Light Mode

Pertamina Gandeng Jepang Naikkan Produksi, Sumur Minyak Tua “Dikocok” Karbon

Rabu, 19 April 2023 14:55 WIB

Pertamina melakukan berbagai upaya untuk menaikan produksi minyak nasional. Caranya, selain menggali sumur baru, Pertamina juga mengaktifkan sumur-sumur tua, melalui cara modern yang ramah lingkungan.

Salah satunya, dengan teknologi penangkapan dan penyimpanan Karbon atau Carbon Capture Utilization & Storage (CCUS). Gas emisi karbon disuntikkan ke sumur tua. Lalu ditutup. Sepekan kemudian, minyak akan muncul lagi, siap disedot. Analogi yang pas untuk menggambarkan ini, mirip dengan cara kerja mengocok minuman soda. CO2 yang disuntikan ke dalam tanah berfungsi mengocok, agar kandungan minyak bisa menyembur ke permukaan.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati yang diwawancarai eksklusif Rakyat Merdeka mengatakan, injeksi karbon bisa meningkatkan produksi minyak hingga tiga kali lipatnya.

Teknologi ini diperoleh Pertamina dengan menggandeng Jepang. Hasil kerja bersama JOGMEC (Japan Organization for Metals and Energy Security.

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati menandatangani dokumen kerjasama dengan JOGMEC di Sapporo, Hokaido, Jepang pada Jumat (14/3/2023).

Berikut ini wawancara Rakyat Merdeka dengan Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati, usai penandatanganan dokumen kerjasama dengan JOGMEC di Sapporo, Hokaido, Jepang. ■