BREAKING NEWS
 

Bahas Upah Hingga Kesejahteraan Pekerja

Bos Kadin Dan Pentolan Buruh Kopi Darat Nih

Reporter : KINTAN PANDU JATI
Editor : MUHAMAD FIKY
Jumat, 14 Januari 2022 06:40 WIB
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid (tengah), bersama Presiden Dewan Eksekutif Nasional Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DEN KSBSI) Elly Rosita Silaban (kiri), dan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nuwawea, memberikan keterangan pers usai menggelar pertemuan di Jakarta, kemarin. Kadin Indonesia dan Serikat Kerja sepakat membentuk kelompok kerja untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja. (Foto: PATRARIZKI SYAHPUTRA/RM).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid melakukan kopi darat dengan para pentolan serikat buruh, di Jakarta, kemarin. Hasilnya, mereka sepakat membentuk kelompok kerja (pokja) untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja.

Para pimpinan serikat pe­kerja yang hadir di antaranya Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indo­nesia (KSBSI) Elly Rosita Si­laban, Presiden Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Syaiful Bahri Anshori, dan Presiden Konfederasi Seri­kat Pekerja Nasional (KSPN) Ristadi.

Dalam pertemuan bertajuk dialog sosial ini, Arsjad menyampaikan, pihaknya bersama pimpinan buruh membahas banyak hal, termasuk soal upah.

Baca juga : Kopdar Dengan Serikat Pekerja, Bos Kadin Bakal Bentuk Pokja

“Hari ini ngobrol-ngobrol secara santai. Kita ingin kebhinnekaan, justru perbedaan itu sesuatu kekuatan. Kita sepakat yang kita perjuangkan merah putih, yang terbaik untuk Indo­nesia,” tegasnya.

Bos Indika Energy ini mengungkapkan, dalam pertemuan tersebut, pihaknya dan pimpinan serikat pekerja sepakat untuk membentuk pokja.

“Kita sepakat membuat rumah tenaga kerja untuk berdiskusi mengenai kesejahteraan. Kita juga akan bicara mengenai road­map ke depannya untuk Indone­sia,” ungkapnya.

Baca juga : Nurhadi Dan Penyuapnya Berkumpul Di Sukamiskin

Arsjad menyebutkan, salah satu contoh konkret dari perte­muan ini akan merealisasikan program vokasi. Hal ini akan dilakukan untuk meningkatkan keahlian buruh di era teknologi. Kemudian, mendorong pekerja memiliki second income. Kadin akan melakukan mentoring (pendampingan) kepada buruh agar bisa jadi pengusaha untuk menambah pendapatannya sebagai pekerja.

“Setiap rumah tangga itu misalnya suaminya bekerja, istrinya mungkin bisa jadi UM­KM, kita bisa jadi mentoring,” jelasnya.

Adsense

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea menyebut pertemuan ini merupakan momen berseja­rah bagi hubungan pengusaha dan buruh di Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense