BREAKING NEWS
 

Menperin: Belanja Produk Dalam Negeri Tahun Ini Ditargetkan Capai 400 T

Reporter & Editor :
ADITYA NUGROHO
Rabu, 23 Maret 2022 14:55 WIB
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pada tahun ini target pembelian produk dalam negeri untuk belanja barang dan jasa pemerintah sebesar Rp 400 triliun. 

Hal tersebut dikatakan Agus saat meninjau gelaran Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri di Hotel Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, Rabu (23/3). 

Baca juga : Menperin Meninjau Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri Di Bali

Menurut Agus, dengan capaian belanja produk dalam negeri Rp 400 triliun alan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi 1,7 persen. Hitungan itu berdasarkan kajian Badan Pusat Statistik (BPS).

Adsense

“Jadi, jika pada tahun 2021 terdapat pertumbuhan ekonomi sebesar 3,69 persen, maka dengan memaksimalkan penggunaan produk dalam negeri, ekonomi Indonesia dapat terdongkrak 5,36 hingga 5,4 persen,” sebutnya.

Baca juga : Menperin Lihat Produksi Minyak Goreng Di Sinar Mas Agribusiness Marunda

Oleh karena itu, lanjut Menperin, guna bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang gemilang, perlu kerja sama dalam menyukseskan program substitusi impor dan menggantikannya dengan produk dalam negeri.

“Industri dalam negeri harus kita dorong untuk dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri, khususnya kebutuhan belanja pemerintah dan BUMN,” imbuhnya. 

Baca juga : Menperin: Diskon PPnBM Kerek Produksi Mobil Sampai 66,8 Persen

Kemenperin selaku pembina industri bertekad untuk terus memacu produk dalam negeri bisa semakin berkualitas dan kompetitif. “Namun, kami tidak bisa bekerja sendiri, semua pengguna produk dalam negeri harus ikut membantu dengan membeli produk-produk yang telah diproduksi oleh industri dalam negeri kita,” tegas Agus. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense