BREAKING NEWS
 

Kesan Managing Director IMF Saat Kunjungi Sarinah

Erick: Indonesia Tak Berada Dalam Jurang Krisis

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Minggu, 17 Juli 2022 18:26 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Santiago Uno (kanan) saat Menteri ma kunjungan Managing Director IMF Kristalina Georgieva di Gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (17/7). (Foto: Humas BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kunjungan Managing Director International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva menjadi momen bersejarah bagi Sarinah.

Georgieva tiba di Sarinah pada Minggu (17/7) sore. Dia langsung diajak Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkeliling mengunjungi instalasi kain batik Garuda Nusantara sepanjang 74 meter di area lobi selatan.

Menyaksikan live music Batik Motif Sekar Jagad oleh disabilitas, Sarinah Gallery atau Sarinah photo exhibition, Instalasi Dekonstruksi & Rekonstruksi “Gunungan Wayang” oleh Dudung Aliu Syahbana, dan tur di Department Store.

Georgieva pun menyampaikan kesannya di relief peninggalan Presiden Pertama Indonesia Sukarno.

Baca juga : Tingkatkan Daya Saing, Pupuk Indonesia Gelar Konvensi Inovasi Dan Transformasi

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, kunjungan Georgieva memberikan citra positif bagi pembangunan dan perekonomian Indonesia.

"Ada tiga hal yang disampaikan. Pertama, dia tidak yakin dan terus meyakinkan, bahwa Indonesia tidak berada dalam jurang krisis seperti yang digembar-gemborkan," ujar Erick.

Adsense

Terkait hal ini, Erick mengatakan, Indonesia senantiasa mewaspadai situasi tersebut. Meski secara internal, ekonomi Indonesia dalam posisi kuat.

"Secara eksternal, yang namanya geopolitik, global ekonomi bisa saja berdampak," ucap Erick.

Baca juga : Sandiaga Lagi-Lagi Didukung Jadi Presiden Saat Kunjungi Pelatihan UMKM di Malang

Saat ini, Georgieva menilai Indonesia sudah menuju ke arah yang baik, dengan pondasi ekonomi yang kuat. Fokus pada pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan UMKM.

Erick juga mengungkap kekaguman Georgieva terhadap upaya Indonesia, dalam memperkuat ekosistem ekonomi, seperti yang ada di Sarinah.

Menurutnya, penguatan ekosistem tidak bisa dilakukan bila ego sektoral dikedepankan. Harus saling mendukung, dan harus ada hasil yang konkret.

Erick menuturkan, Sarinah tak hanya etalase produk lokal semata. Sarinah adalah wujud upaya pemerintah, dalam meningkatkan kualitas produk lokal, yang bisa bersaing di kancah global dan berkesinambungan.

Baca juga : Dubes Turki Kunjungi Sarinah Trading House Jakarta

"Jangan lagi ada persepsi, seakan-akan produk itu standarnya tidak baik. Kita bisa buktikan di sini. Bahkan, Bapak Presiden bilang, kenapa UMKM harus dijual murah? Padahal, ini handmade bangsa kita. Jualnya mahal dong. Inilah yang harus kita dorong," papar Erick.

"Saya senang, IMF datang ke sini memuji-muji Indonesia. Tidak lagi seperti dahulu. Artinya, kepemimpinan Bapak Presiden Jokowi sudah berada di alur yang benar. Mari kita saling bekerja sama. Memastikan kita tambah maju lagi," pungkasnya. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense