BREAKING NEWS
 

Gandeng UKM, Uniqlo Daur Ulang Pakaian Bekas

Reporter : MERRY APRIYANI
Editor : ADITYA NUGROHO
Senin, 3 Oktober 2022 10:24 WIB
40 Desain Adrie Basuki yang dibuat dari pakaian tidak terpakai Uniqlo. (Foto: Merry Apriyani/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan ritel global asal Jepang, Uniqlo dalam inisiatif bisnis berkelanjutan meluncurkan Re.Uniqlo: Remake Project yang memfasislitasi siapa pun untuk berkontribusi dalam menghijaukan bumi. Kali ini, Uniqlo menggandeng UKM Kolaborator, desainer Adrie Basuki.

“Proyek ini mempertegas inisiatif Neighborhood Collaboration sebagai upaya serius untuk memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis lokal dan UKM dalam mengembangkan potensi dan konsep bisnis yang berkelanjutan agar bisa berkontribusi bersama untuk lingkungan,” jelas Marketing & E-Commerce Director PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia) Daniel Pieter dalam peluncuran program Re.Uniqlo di Jakarta, Senin (3/10).

Baca juga : Gandeng Spade Investment, Widodo Makmur Perkasa Perluas Pasar Ke China

Selain itu, Re.Uniqlo: Remake Project merupakan salah satu implementasi untuk memberikan nyawa baru pada koleksi LifeWear favorit agar bisa dimanfaatkan secara jangka panjang. Sebagai bagian dari proyek ini, selain Adrie yang juga merupakan binaan UKM Sarinah, Uniqlo menggandeng Menara Astra sebagai mitra untuk mengumpulkan pakaian-pakaian tidak terpakai Uniqlo. Menara Astra juga menyediakan salah satu area di gedungnya untuk menampilkan hasil karya daur ulang Adrie Basuki.

Adsense

Selain itu, Menara Astra dan Sarinah juga akan memberikan tempat agar masyarakat umum bisa menikmati koleksi hasil dari Re.Uniqlo: Remake Project tersebut. Bersama Uniqlo, Sarinah juga akan mengadakan rangkaian seminar bertajuk Sarinah Pandu bagi para pemilik usaha lokal untuk menambah peluang dalam mengembangkan konsep bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Baca juga : Geledah Gedung MA, Ini yang Ditemukan KPK

“Inisiatif ini sejalan dengan tiga pilar, People, Planet dan Society. Dengan memberikan nyawa baru bagi pakaian yang sudah tidak terpakai untuk mengurangi limbah, serta memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis lokal dan UKM dalam mengembangkan potensi dan konsep bisnis yang berkelanjutan agar bisa berkontribusi bersama untuk lingkungan,” tandas Daniel.

Terdapat 40 desain pakaian upcycle baru dari UNIQLO dan Adrie bertema “Godai” yang merepresentasikan lima elemen dalam budaya Jepang, yakni Bumi (Earth), Air (Water), Api (fire), Angin (Wind), serta Langit (Sky).

Baca juga : LPEI Gandeng LDKPI Genjot Peningkatan Ekspor Nasional

“Keseluruhan pakaian dihasilkan dari proses daur ulang dengan teknik recycle dan upcycle yang materialnya menggunakan sekitar 70 persen pakaian Uniqlo yang tidak terpakai. Dikumpulkan dari pelanggan melalui Re.Uniqlo box yang tersedia di seluruh toko Uniqlo di Indonesia,” jelas Adrie.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense