Dark/Light Mode

Wamen LHK Dorong Pemda Menjaga Kelestarian Bumi Dengan Bersepeda

Sabtu, 17 September 2022 16:21 WIB
Wamen KLHK,  Alue Dohang saat melepas para goweser Jelajah Gunungkidul di BPSDA Gedong Kuning, DI Yogyakarta, Sabtu (17/9).
Wamen KLHK, Alue Dohang saat melepas para goweser Jelajah Gunungkidul di BPSDA Gedong Kuning, DI Yogyakarta, Sabtu (17/9).

RM.id  Rakyat Merdeka - Bersepeda tidak hanya menjaga kesehatan, tapi juga memiliki kontribusi penting dalam menjaga kelestarian Bumi, meningkatkan kualitas udara menjadi lebih bersih dan menjadikan langit tetap biru.

Hal itu disampaikan Wamen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Alue Dohang saat melepas para goweser Jelajah Gunungkidul di BPSDA Gedong Kuning, DI Yogyakarta, Sabtu (17/9). 

Wamen KLHK mengatakan, bahwa kegiatan Jelajah Gunung Kidul ini disamping untuk meningkatkan kesehatan juga berkontribusi pada Bumi untuk rendah emisi.

Baca juga : Terima FPPI, Ketua MPR Dorong Peningkatan Pemberdayaan Perempuan

"Dengan gowes, kita akan mengurangi emisi sehingga Bumi kita menjadi lebih baik dan kualitas udara lebih bersih, langit tetap biru," kata Alue.

Ia berharap, ke depannya, kegiatan gowes ini bisa bertransformasi menjadi satu kegiatan yang semakin dicintai masyarakat Indonesia.

"Sehingga kita bisa mewujudkan Indonesia rendah emisi, udara bersih dan langit biru," ucapnya.

Baca juga : Moeldoko: Jangan Kaku Dengan Aturan

Selain itu, Ia menyampaikan bahwa kegiatan bersepeda ini didukung oleh Pemerintah pusat maupun daerah. Salah satunya dengan adanya trek atau jalur khusus sepeda, sehingga tidak bercampur dengan kendaraan lain, seperti sekarang.

Ia menceritakan pengalamannya, saat tinggal empat tahun di Brisbane Australia, di mana pesepeda menjadi bagian ekosistem transportasi yang dihormati.

"Disana itu paling direspek pesepeda dan pejalan kaki itu, karena treknya rapih dan aman. Berbeda dengan di Indonesia, yang sering diklakson oleh para pengendara mobil atau motor. Dianggap mengganggu lalu lintas," cerita Alue.

Baca juga : Kemendikbudristek Dorong Kemampuan Kelola Budaya Dengan Cara Kreatif

Karena itu, ia mendorong setiap daerah untuk memfasilitasi kegiatan bersepeda.

"Jadi kalau sudah bersepeda dengan aman dan nyaman, masyarakat sehat maka ekonominya juga akan sehat. Dan yang perlu diingat, walaupun ada kritik bahwa bersepeda itu tidak bermanfaat ekonomi, jangan kalah semangat. Dengan bersepeda maka ekonomi akan semakin sehat juga," pungkasnya.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.