BREAKING NEWS
 

Peserta TASPEN Berstatus ASN Aktif, Kini Dapat Ajukan Kredit THT Ke Bank Mantap

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Kamis, 27 Oktober 2022 21:33 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - PT TASPEN (Persero) berkomitmen untuk terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi para peserta. Baik peserta pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) Aktif maupun ASN Pensiunan.

Bersama dengan PT Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap), komitmen ini diwujudkan melalui peluncuran Program Kredit Tabungan Hari Tua Diskonto (THT Diskonto), yang dapat dinikmati ASN Aktif.

Melalui program ini, ASN Aktif dapat mengajukan kredit THT. Bahkan, sebelum memasuki masa pensiun.

Peluncuran produk ini ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) TASPEN dan Bank Mantap peluncuran Program Tabungan Hari Tua Diskonto (THT Diskonto) di Kantor Pusat TASPEN, Cempaka Putih, Jakarta, Rabu (26/10).

Kegiatan ini dihadiri Direktur Utama TASPEN ANS Kosasih, Direktur Operasional TASPEN Ariyandi, Direktur Utama Bank Mantap Elmamber Petamu Sinaga, Direktur IT & Network Bank Mantap Iwan Soeroto dan Direktur Compliance & Control Bank Mantap Judhi Budi Wirjanto dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Suatu kebanggaan bagi TASPEN, dapat menghadirkan terobosan baru bersama Bank Mantap. Melalui Program Kredit THT Diskonto, untuk pertama kalinya TASPEN melayani ASN aktif. Bukan hanya pensiunan," ujar Kosasih, Rabu (26/10).

TASPEN memberi kesempatan bagi ASN aktif, untuk menikmati terlebih dahulu manfaat yang akan diperoleh, sebelum masa pensiun.

Baca juga : Ganjar Optimis Petani Milenial Di Jateng Dapat Wujudkan Kedaulatan Pangan

Selain itu, TASPEN dan Bank Mantap memastikan program ini dilaksanakan dengan mematuhi Good Corporate Governance (GCG). Sehingga, peserta dapat dengan aman dan nyaman menerima manfaat.

"Kami berharap, TASPEN dapat terus meningkatkan kualitas layanan, melalui kerja sama yang lebih luas," ucap Kosasih.

Seluruh peserta TASPEN berstatus ASN Aktif dapat melakukan pengajuan Kredit THT Diskonto ke Bank Mantap, dengan batas waktu maksimal pengajuan 3 tahun sebelum Batas Usia Pensiun (BUP).

Sementara, besaran jumlah kredit yang dapat diajukan maksimal senilai 50 persen dari hak THT peserta.

Nantinya, jumlah kredit akan langsung dibayar lunas (tidak dicicil) dengan hak THT peserta setelah pensiun.

Terkait hal ini, Direktur Utama Bank Mandiri Taspen Elmamber Petamu Sinaga mengatakan, inovasi program Kredit Tabungan Hari Tua Diskonto ini merupakan wujud partisipasi aktif pihaknya, dalam meningkatkan kenyamanan bagi peserta TASPEN. Mengingat tingginya jumlah peserta TASPEN, yang memilih Bank Mantap dalam melakukan transaksi kredit.

Adsense

"Kerja sama ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi para ASN, khususnya seluruh peserta TASPEN. Ke depan, kami akan terus menghadirkan layanan terbaik untuk seluruh ASN dan pensiunan yang menjadi debitur dan nasabah di Bank Mantap " tutur Elmamber.

Baca juga : Gisella Anastasia, Bincang Mepet Sama Mantan

TASPEN dan Bank Mantap senantiasa mematuhi seluruh ketentuan perbankan dan perlindungan data pribadi yang berlaku di Indonesia.

Setiap informasi data/ keterangan pribadi, dokumen rahasia dan informasi lain yang berkaitan dengan data Debitur tidak bisa diakses oleh Bank Mantap, tanpa persetujuan Debitur yang dibuktikan melalui Surat Pernyataan Debitur

Setiap data peserta akan melewati proses flagging pada aplikasi TASPEN, yakni proses pemeliharaan data ASN dan pensiunan, yang melakukan proses pengajuan kredit. Dengan memberikan identifikasi kode tertentu terhadap data Debitur atas permintaan Mitra Bayar, dalam hal ini Bank Mantap.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan peserta aktif merasa aman dan nyaman, saat mengajukan kredit di Bank Mantap.

Hingga September 2022, TASPEN memiliki 6,81 juta peserta yang terdiri atas peserta aktif maupun peserta pensiunan.

Dari jumlah tersebut, terdapat 304.500 peserta TASPEN yang memilih pembayaran manfaat melalui Bank Mantap.

Selain itu, juga ada 184,1 ribu peserta dengan flagging THT atau fasilitas kredit THT Diskonto yang berstatus aktif.

Baca juga : Pelaku Usaha Minta Pemerintah Antisipasi Dampak Kenaikan Harga BBM

Tentang PT TASPEN (Persero)

PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia, yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pejabat Negara.

Berdiri sejak 17 April 1963, PT TASPEN (Persero) turut berperan aktif dalam kesejahteraan sosial, khususnya bagi ASN di Indonesia.

PT TASPEN (Persero) saat ini memiliki beberapa produk dan layanan, yakni Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun dan Program Jaminan Kematian (JKM).

Selama masa pandemi, PT TASPEN tetap mengedepankan kenyamanan dan keselamatan peserta dengan menerapkan layanan digital berupa TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona), yakni layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, Tcare, dan Otentikasi Digital.

Peserta pensiunan dapat mengakses layanan TASPEN melalui e-klim.taspen.co.id dan tcare.taspen.co.id untuk mengunduh formulir klaim atau mengajukan pertanyaan dan keluhan.

Sebagai kanal informasi dapat menghubungi Call Center 1500919, kunjungi laman www.taspen.co.id, dan tcare.taspen.co.id. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense