BREAKING NEWS
 

Kerja Sama Kedua Negara Bakal Makin Kokoh

Indonesia Dan Jepang Patok IJ-EPA Rampung Tahun Ini

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : FAZRY
Senin, 29 Mei 2023 06:45 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat melakukan per­temuan bilateral dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Indus­tri Jepang Yasutoshi Nishimura. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Indonesia dan Jepang berkeinginan kuat menyelesaikan Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJ-EPA). Realisasi kerja sama ini dipastikan akan membuat kerja sama ekonomi kedua negara makin kokoh.

Pemerintah Indonesia men­dorong Jepang bisa menyele­saikan perjanjian IJ-EPA pada September 2023.

Keinginan ini disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat melakukan per­temuan bilateral dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan dan Indus­tri Jepang Yasutoshi Nishimura.

Baca juga : Menpora Dito: Piala Dunia Basket Jadi Momentum Indonesia Menuju Pentas Dunia

Pertemuan tersebut digelar di sela kegiatan pertemuan tingkat menteri Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity di Detroit, Amerika Serikat (AS).

 

;Kompak Berjas: Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah), didamlingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kiri) dan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat  (AS) Rosan Perkasa Roeslani berfoto bersama di sela-sela acara pertemuan tingkat menteri Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity di Detroit, Michigan AS. (Foto: Istimewa)

 

Baca juga : Pergerakan Advokat Indonesia Serukan Reformasi Hukum

Dalam pertemuan itu, Airlang­ga menyampaikan pesan Presiden Jokowi di sela-sela pertemuan KTTG7 di Hiroshima, Jepang minggu lalu. Yakni, mengharap­kan IJ-EPA dapat selesai pada September 2023. Menurutnya, Nishimura juga memiliki harapan sama, yakni IJ-EPA dapat diram­pungkan pada September 2023 atau November 2023.

Pada pertemuan Presiden Jokowi dan pimpinan perusa­haan-perusahaan Jepang telah disepakati 5 Memorandum of Understanding (MoU). Dan, 24 Letter of Intent (LoI).

“Salah satunya, komitmen Sumitomo Forest perihal penanganan pertanian,” ujar Air­langga, kemarin.

Baca juga : Prabowo Ajak Jaga Kerukunan, Agar Bawa Indonesia Bisa Jadi Negara Makmur

Selain itu, Airlangga me­nyampaikan kesepakatan ASE­AN Leaders’ Declaration on Developing Regional Elec­tric Vehicle Ecosystem. Dia mengusulkan critical minerals masuk menjadi bagian pembahasan untuk mendukung kesepakatan tersebut.

“Indonesia ikut serta dalam pembahasan critical minerals sebagai salah satu prioritas pembahasan Pilar I Indo-Pacific Economic Framework (IPEF),” ungkapnya.

Menyinggung Keketuaan In­donesia di ASEAN pada tahun ini, Airlangga menyampaikan bahwa negara-negara ASEAN yang menjadi anggota IPEF, akan mendukung upaya untuk meningkatkan perdagangan dan investasi yang bebas dan terbuka, melalui kerangka Kerja sama IPEF.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense