BREAKING NEWS
 

Implementasi QRIS Antarnegara, Netzme Pay Bisa Transaksi Di Singapura

Reporter : DWI ILHAMI
Editor : SRI NURGANINGSIH
Sabtu, 18 November 2023 11:26 WIB
Gubernur BI Perry Warjiyo (kelima kanan) saat launching implementasi QRIS Cross Border antara Indonesia dan Singapura. (Foto: Dok. BI

 Sebelumnya 
Melalui implementasi kerangka kerja LCT ini tegas Perry, inisiatif interkoneksi pembayaran QR antarnegara nantinya akan menggunakan kuotasi langsung nilai tukar mata uang lokal yang disediakan oleh bank Appointed Cross Currency Dealer (ACCD).

Sementara dalam event launching implementasi QRIS Cross Border antara Indonesia dan Singapura ini, first mover yang mengikuti baru 9 PJP yang terdiri dari bank maupun non-Bank di Indonesia yang termasuk didalamnya PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme).

CEO Netzme Vicky G Saputra mengatakan, diterapkannya QRIS Cross Border ini, harapan kami adalah para pelaku UMKM di Indonesia dapat memanfaatkan kemudahan ini untuk menjangkau lebih banyak pelanggan internasional, karena dapat mengurangi biaya transaksi yang lebih terjangkau.

“Hal ini tidak hanya akan membantu memperluas jaringan bisnis mereka ke pasar global, tetapi juga dapat mendukung sektor pariwisata,” ucap Vicky.

Adsense

Baca juga : Apresiasi Pangandaran Air Show, Bey: Semoga Bisa Digelar Setiap Tahun

Salah satunya, dengan menawarkan pengalaman belanja yang lebih mudah dan nyaman bagi wisatawan yang berkunjung, sehingga secara keseluruhan dapat meningkatkan daya saing dan pertumbuhan bisnis UMKM.

Berperan sebagai pihak pemberi (issuer) maupun pihak penerima (acquirer) yang bergerak di bidang penyedia jasa solusi sistem pembayaran digital, menjadi salah satu Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) Netzme, yang turut serta dalam implementasi QRIS Cross Border antara Indonesia dan Singapura.

Hal ini menegaskan komitmen Netzme dalam meningkatkan aksesibilitas dan keterhubungan pembayaran di tingkat internasional.

“Memberikan kontribusi positif terhadap ekosistem keuangan di wilayah ASEAN, terutama dikalangan bagi pelanggan ritel dan UMKM yang sesuai dengan tujuan awal BI saat meluncurkan QR Cross Border,” jelasnya.

Baca juga : Gandeng Mandiri, GATF 2023 Targetin Transaksi 105 Miliar

Setelah kesuksesan implementasi QR Cross border di Thailand dan Malaysia, Netzme kini dapat digunakan di Singapura.

Wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Singapura dapat dengan mudah memanfaatkan kemudahan pemindaian QR Cross Border di berbagai toko setempat yang telah mengintegrasikan QR sebagai opsi pembayaran non-tunai.

Sebaliknya, wisatawan Singapura yang berkunjung ke Indonesia dapat melakukan pembayaran di berbagai merchant QRIS Toko Netzme melalui aplikasi yang mereka gunakan.

“Upaya ini menunjukkan komitmen berkelanjutan untuk memperluas cakupan dan kenyamanan transaksi non-tunai lintas negara bagi pengguna Netzme,” tuturnya.

Baca juga : Ratusan Alumni PMII Deklarasi Dukung Prabowo

Sebelumnya, BI telah mengembangkan Standar Nasional QRIS TUNTAS bersinergi dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dan perwakilan penyelenggara jasa sistem pembayaran.

Implementasi QRIS TUNTAS akan didukung dengan skema harga yang efisien dibandingkan biaya yang dikenakan untuk layanan serupa oleh industri saat ini.

Lebih lanjut, peluncuran QRIS TUNTAS telah melalui berbagai tahapan, termasuk fase uji coba oleh industri dalam Ruang Uji Coba Inovasi Teknologi Sistem Pembayaran BI.

Peserta uji coba terdiri dari 16 Penyedia Jasa Pembayaran dan Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran yang diharapkan dapat menjadi first mover diikuti dengan PJP lain yang telah siap untuk mengembangkan fitur ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense