BREAKING NEWS
 

Menjaga Kelestarian Khas Indonesia

Pemerintah Mau Bikin Pameran & Festival Sarung Indonesia

Reporter & Editor :
SAIFUL BAHRI
Jumat, 15 Februari 2019 13:26 WIB
Seorang ibu menenun sarung Goyor, salah satu sarung asli Indonesia. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penggunaan kain sarung mulai banyak ditinggalkan kaum milenial. Dalam menjaga kelestarian kain khas tradisional ini, pemerintah bakal menggelar pameran dan festival sarung Indonesia pada Maret mendatang, dengan menghadirkan seribu jenis sarung.

Diakui Direktur Utama Smesco Indonesia Emilia Suhaimi, pameran ini beranjak dari keprihatinan atas industri sarung dalam negeri dan budaya khas Indonesia yang mulai ditinggalkan. Gelaran Festival Sarung Indonesia merupakan gerakan nasional yang didukung sembilan kementerian dan lembaga.

Emilia bilang, kain sarung merupakan produk budaya khas Indonesia, yang lambat laun mulai ditinggalkan, khusus oleh generasi milenial. Karena itu, festival dan pameran sarung akan melibatkan kalangan anak muda. “Tujuannya, agar event ini mampu mentransformasi sarung sebagai trendsetter serta gaya hidup modern bagi generasi milenial. Festival Sarung Indo- nesia ini juga akan ikut mendorong pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya para UKM perajin sarung Indonesia,” kata Emilia di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Beberkan Pencapaian Negara Dalam 40 Tahun Usai Revolusi

Dia ingin, sarung sebagai bagian dari budaya khas negeri ini tidak terkesan kolot, tradisional, dan kampungan. Oleh karena itu, produk sarung harus mengikuti tren dan mode yang mengikuti selera generasi milenial. “Sekarang bagaimana mendekatkan sarung yang tadi kesannya kolot, kuno, pakainya cuma di rumah, buat salat ke masjid, berubah menjadi gaya hidup milenial, disukai kalangan anak muda,” sebutnya.

Dalam festival tersebut, Emilia menjelaskan, rangkaian kegia- tannya meliputi pasar rakyat, pameran sarung, fashion on the street berbasis sarung, karnaval sarung, dan seminar dan serase- han sarung. Puncak acara ditandai dengan pencanangan Hari Sarung Nasional dan peresmian Rumah Sarung Indonesia (Rusari).

Adsense

Rusari sendiri, katanya, akan berada di Gedung Smesco Indonesia. Dengan harapan menjadi sarana edukasi, promosi dan pemasaran sarung-sarung unggulan dari berbagai provinsi, dan menjadi pusat koleksi dan referensi terbaik untuk mendapatkan sarung-sarung unggulan.

Baca juga : Luncurkan Program Kampung Korea

Salah satu perajin kain sa- rung dan batik asal Pekalongan, Jawa Tengah, Romi Oktabirawa (38) sependapat dengan Emilia. Menurutnya, agar sarung tak ditinggalkan, perlu ada inovasi supaya bisa diterima di pasaran, terutama di kalangan anak muda zaman sekarang. Seperti yang dilakukan usahanya melalui brand Antero Batik, berbagai jenis produk dari kain sarung bisa digunakan untuk segala usia, semua jenis kelamin dan kalangan. Jadi sarung juga tidak hanya digunakan untuk beribadah, tidur dan ronda saja.

“Kalau di Jepang saja punya kimono, China punya Cheongsam, mengapa Indonesia tidak bisa terkenal dengan sarungnya. Saya punya mimpi untuk mem- buat sarung batik terkenal di seluruh dunia,” kata Romi saat dihubungi Rakyat Merdeka.

Sebenarnya, sambung Romi, sarung juga sudah menjadi fesyen di kalangan masyarakat, bahkan sudah banyak yang menggu- nakan sarung di mall-mall. Di gerai Antero Batik miliknya, Romi menawarkan sarung ber- bahan katun seharga Rp 150 ribu berukuran 220 x 120 cm. Selain sarung, Romi juga menjual aneka kain batik tulis, termasuk yang berbahan sutra ukuran 2,7 meter seharga Rp 3,5 juta.

Baca juga : Warga Italia Antusias Kunjungi Paviliun Indonesia di Pameran Pariwisata Milan

Dari bisnis sarung dan kain batik ini, Romi bisa meraup omzet rata-rata Rp 50 juta dalam sehari. Untuk produknya, merupakan produk yang berga- ransi memiliki stiker hologram khusus yang menjamin keaslian batiknya, yang diproses meng- gunakan lilin panas baik dengan teknik dilukis menggunakan canting atau dicap.

“Hologram itu supaya terhindar dari pedagang-pedagang nakal yang kurang jujur, yakni mereka menjual tekstil bermotif batik, namun mengaku menjual batik asli. Selain itu, untuk mem- berikan kepuasan pelanggan dengan memberikan jaminan asli pada batik yang mereka beli,” tutupnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense