BREAKING NEWS
 

Airlangga Berusaha Menenangkan

Resesi Bukan Kiamat Ya

Reporter : NUR ROCHMANNUDIN
Editor : UJANG SUNDA
Minggu, 30 Agustus 2020 06:44 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Instagram/airlanggahartarto_offical)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejengkal lagi, ekonomi Indonesia diprediksi masuk jurang resesi. Jika di kuartal III nanti ekonomi minus lagi, maka Indonesia resmi resesi. Namun, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berusaha menenangkan. Katanya, resesi bukan kiamat selama kita masih bisa bangkit. 

Berbagai ekonom memprediksi Indonesia akan segera menyusul banyak negara di dunia yang mengalami resesi. Mengingat, pada kuartal II tahun ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia -5,32 persen. 

Baca juga : Dituntut Forum Pengusaha Sawit, MA Menangkan Bupati Karolin

Menurut Airlangga, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki ekonomi agar tidak tergelincir ke jurang resesi. Sebelum berbicara lebih jauh, Airlangga menjelaskan dulu soal resesi. Kata dia, kalau ekonomi terus memburuk, itu disebut resesi. Namun, jika dari kuartal per kuartal ada perbaikan, tidak bisa dikata kan resesi. 

Menurut dia, suatu negara dapat dikatakan resesi jika pertumbuhan ekonominya terus anjlok. Misalnya, dalam satu kuartal pertumbuhannya minus 5 persen. Kemudian, di kuartal selanjutnya pertumbuhan kian mengkhawatirkan ke level minus 13 persen. “Minus 5, ada perbaikan menjadi lebih baik, yang kurvanya seperti V curve, itu perbaikan,” papar Airlangga di Hotel Pullman, Jakarta Barat, kemarin. 

Baca juga : KAMI Tegaskan Tak Akan Ganti Kulit Jadi Parpol

Ketimbang menghabiskan energi, debat soal resesi, Airlangga menilai yang paling penting saat ini adalah menjalankan roda perekonomian. Sejumlah cara pun dilakukan. Belakangan ini, pemerintah tengah fokus ke program bantuan sosial produktif, maupun hibah untuk pelaku UMKM. 

Ketua Umum Partai Golkar ini yakin, kedua instrumen tersebut bisa memperbaiki ekonomi. “Yang paling penting adalah perekonomian bisa berjalan, dan masyarakat bisa mempunyai penghidupan,” cetusnya. 

Adsense

Baca juga : Buruh Dan Pengusaha Memang Sulit Berdamai!

Eks Menteri Perindustrian ini optimis, ekonomi Tanah Air di kuartal III tahun ini akan membaik. Artinya, tidak akan lebih parah dari kuartal II yang terperosok hingga minus 5,32 persen. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense