BREAKING NEWS
 

Didukung Surplus Neraca Perdagangan

Hari Kelima PSBB Jakarta, Rupiah Tetap Tokcer

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Jumat, 18 September 2020 09:41 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jakarta, kini sudah menginjak hari kelima. Nilai tukar rupiah masih terus menunjukkan penguatan.

Bahkan, pada hari ini, mata uang Garuda menguat cukup tinggi. Rupiah menguat 0,53 persen di posisi Rp 14.775 per dolar AS, dibanding sesi penutupan kemarin, yang bertengger di level Rp 14.832 per dolar AS.

Baca juga : PSBB Jakarta Hari Ketiga, Rupiah Masih Tokcer

Indeks dolar AS yang mengukur kekuatan enam mata uang saingan utamanya, flat ke level 93,90 dibanding level penutupan kemarin, yang bercokol di level 92,91.

Tak cuma di depan dolar AS, rupiah juga unggul terhadap mata uang asing lainnya. Terhadap euro, menguat 0,17 persen. Sementara terhadap China, naik 0,05 persen.

Baca juga : Hari Pertama PSBB Jakarta, Rupiah Sukses Unjuk Gigi

Mayoritas mata uang di kawasan Asia lainnya, seolah tak mau kalah dengan rupiah. Won Korea Selatan juga menunjukkan penguatan terhadap dolar sebesar 0,77 persen. Disusul solar Taiwan 0,41 persen, ringgit Malaysia 0,24 persen, peso Filipina 0,20 persen, baht Thailand 0,20 persen, dan yuan China 0,16 persen.

Ekonom Samuel Sekuritas, Ahmad Mikail Zaini melihat, salah satu faktor yang mendorong penguatan nilai rupiah adalah stabilnya suku bunga BI. Sehingga, spread yield Surat Utang Negara (SUN) dan yield US Treasury juga menjadi stabil dan tetap tinggi. Alhasil, rupiah pun sukses menguat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense