BREAKING NEWS
 

Kejar Target, Pelindo III Kebut Pembangunan Terminal Multipurpose Labuan Bajo

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Senin, 18 Januari 2021 19:16 WIB
Pemimpin Proyek Investasi Strategis Labuhan Bajo Pelindo III Mukhammad Fathoni (kiri), Direktur Utama Pelindo III U. Saefudin Noer (tengah), CEO Pelindo III Regional Bali Nusa Tenggara I Wayan Eka Saputra (kanan) saat melakukan peninjauan langsung lokasi pembangunan Terminal Multipurpose Labuan Bajo, Sabtu (16/1). (Foto: Humas Pelindo III)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelabuhan Indonesia lll (Persero) atau Pelindo III terus mengakselerasi percepatan pembangunan Terminal Multipurpose Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan, sebagai pelaksana amanah dari Menteri Perhubungan.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama Pelindo III U. Saefudin Noer, saat melakukan peninjauan langsung di lokasi proyek pembangunan pelabuhan pada Sabtu (16/1).

Terminal Multipurpose Labuan Bajo merupakan pelabuhan yang dibangun untuk turut menyukseskan program pemerintah, yang akan menjadikan Labuan Bajo sebagai kawasan tujuan wisata super premium.

Baca juga : Gandeng Sarinah, Pelindo III Kolaborasi Pemberdayaan UMKM di Pelabuhan Benoa

“Untuk percepatan proses pembangunan, ada pembagian pembangunan yaitu sisi laut oleh Kementerian Perhubungan dengan pelaksana BUMN PT Brantas Abipraya. Untuk sisi darat, dilakukan oleh Pelindo III dengan pelaksana PT Wijaya Karya,” terang Saefudin.

Secara keseluruhan, pembangunan Terminal Multipurpose Labuan Bajo telah mencapai 85 persen. Sejak awal Agustus 2020, Pelindo III bersama sejumlah pihak berkolaborasi sesuai kompetensi masing-masing,.untuk memacu percepatan pembangunan pelabuhan yang dilakukan secara bertahap.

Pihak-pihak yang berperan dan berkontribusi dalam pembangunan Terminal Multipurpose Labuan Bajo adalah Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Adsense

Baca juga : Pelindo III: Terminal LNG Benoa Perkuat Kelistrikan Bali

“Dukungan yang kuat diberikan Gubernur Nusa Tenggara Timur dan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Terminal Multipurpose Labuan Bajo diharapkan mampu menjadi pendorong bagi percepatan pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19, bagi kawasan yang ada di sekitarnya,” papar Saefudin.

Terminal Multipurpose Labuan Bajo nantinya akan melayani kegiatan pelayanan barang dan petikemas, yang selama ini dilakukan di pelabuhan eksisting yang ada di tengah kota.

Sementara pelabuhan lama, akan disiapkan menjadi pelabuhan wisata untuk kegiatan penumpang guna mendukung sebagai kawasan wisata super premium.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense