BREAKING NEWS
 

Prestasi Di Tengah Pandemi, Tiga Bandara Angkasa Pura I Raih Penghargaan Di Kanada

Reporter : FAJAR EL PRADIANTO
Editor : FAZRY
Selasa, 2 Maret 2021 15:43 WIB
Ilustrasi: Petugas Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang mengarahkan calon penumpang pesawat udara untuk melakukan pemindaian mandiri boarding pass. (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kesekian kalinya PT Angkasa Pura I (Persero) meraih penghargaan kebandarudaraan di tingkat dunia. Kali ini, perseroan meraih penghargaan dari ASQ Awards yang diselenggarakan oleh Airport Council International (ACI) yang berbasis di Montreal, Kanada.

Tiga bandara yang meraih penghargaan Best Airports in Asia Pacific by Size pada ajang ASQ Awards adalah Bandara Jenderal Ahmad Yani,Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengaku bersyukur atas diraihnya penghargaan ini. Menurutnya ini merupakan pengakuan dunia internasional terhadap keandalan layanan bandara Angkasa Pura I.

"Walau berada dalam tekanan dampak pandemi, kami tetap berupaya menjaga standar layanan yang tentunya disesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan yang konsisten di bandara," tegasnya.

Angkasa Pura I terbukti mampu memberikan pelayanan pada masa pandemi. Perusahaan selalu berusaha agile untuk dapat menjaga aspek keselamatan, keamanan, juga kesehatan.

Baca juga : Kerek Bisnis Kargo, Angkasa Pura l Gandeng Pengusaha Logistik

"Namun dengan tetap memberikan kenyamanan di tengah segala keterbatasan. Itu yang menjadi kunci pelayanan kami pada masa pandemi," ujar Faik.

Penghargaan ini, lanjut Faik Fahmi, merupakan buah kerja keras dan pengorbanan insan Angkasa Pura I yang dengan ikhlas dan konsisten memberikan pelayanan terbaiknya kepada pengguna jasa bandara pada masa pandemi.

Manajemen mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Insan Angkasa Pura I, khususnya di ketiga bandara tersebut, atas kerja keras dan kerja ikhlasnya selama ini.

Adsense

Dia berharap, penghargaan ini menjadi penyemangat bagi Insan Angkasa Pura I di tengah masa pandemi ini. Pada program ASQ Awards ini, ACI telah mengadaptasi proses pengawasan kualitas yang ketat untuk memastikan temuan dan benchmarking survei ASQ agar tetap berkualitas tinggi pada masa pandemi Covid-19.

ACI Asia Pacific Director General, Stefano Baronci, mengatakan anggota ACI yang terdampak pandemi cukup signifikan dari sisi kegiatan operasional maupun bisnis pada 2020.

Baca juga : Sukses Genjot Program Desa Digital, Kang Emil Raih Penghargaan

Meski demikian para pengelola bandara dengan berbagai kategori kapasitas tersebut tetap dapat fokus untuk memberikan pelayanan terbaiknya ke pengguna jasanya.

"Kami mengucapkan selamat kepada para pengelola bandara yang menerima penghargaan ini," ujar Stefano Baronci.

Sebagai informasi, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar merupakan bandara yang kerap dianugerahi penghargaan pada ajang ASQ Awards.

Pada ajang ASQ Awards 2019, Bandara SAMS Sepinggan neraih 4 penghargaan pada kategori kapasitas bandara yang sama yaitu Best Airport by Size in Asia Pacific, Best Environment & Ambience by Size, Best Customer Service, Best Infrastructure & Facilitation.

Pada ajang ASQ Awards 2018, Bandara SAMS Sepinggan juga meraih 4 penghargaan yang sama pada kategori yang juga sama. Pada ASQ 2017, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga meraih penghargaan 2nd place Best Airport by Size: 5-15 million passenger per year.

Baca juga : Komisi IV Harap Anggaran Kementan Ditambah Lagi

Sementara itu, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, pada ajang ASQ Award 2019 meraih 2 penghargaan pada kategori bandara dengan trafik 5-15 juta penumpang per tahun, yaitu "Best Airport by Size" dan "Best Infrastructure & Facilitation".

Kemudian pada ajang ASQ Award 2016, Bandara Makassar meraih predikat sebagai "The Most Improved Airport in Asia Pacific 2016".

ASQ merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara melalui 34 indikator kinerja kunci yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI), sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense