BREAKING NEWS
 

Perluas Ekspor Mobil, RI Incar Pasar Negeri Kanguru

Reporter & Editor :
ADITYA NUGROHO
Selasa, 2 Maret 2021 21:00 WIB
Ilustrasi ekspor mobil. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain menggenjot penjualan dalam negeri melalui pemberian diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), pemerintah juga mengenjot penjualan ekspor. Hal itu untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

“Kami terus mengupayakan agar sektor otomotif bisa kembali memproduksi kendaraan dengan rata-rata sebanyak 1,2 juta unit per tahun,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Selasa (2/3).

Baca juga : Marquez Selamatkan Eks Sponsor Dari Kebangkrutan

Menurut dia, pemerintah mendorong perluasan pasar ekspor kendaraan, salah satunya ke Australia yang telah memiliki perjanjian bilateral Indonesia-Australia Comprehensive Economy Partnership Agreement (IA-CEPA) yang mulai berlaku pada 5 Juli 2020. 

Adsense

“Rencananya, kami akan ke Jepang dalam waktu dekat untuk melakukan pembicaraan dengan para principal di Jepang, agar segera memberi izin kepada APM di Indonesia untuk mengekspor kendaraan ke Australia,” paparnya. 

Baca juga : Tembus Rp 5.804,4 T, BI: Utang Luar Negeri Masih Sehat

Dengan demikian, kata dia, produsen di Indonesia dapat segera bersiap memproduksi kendaraan dengan model yang diminati pasar Australia.

Produk kendaraan bermotor produksi dalam negeri telah mampu menembus pasar ekspor ke lebih dari 80 negara di dunia. Pada periode tahun 2020, ekspor kendaraan completely build up (CBU) sebanyak 232,17 ribu unit atau senilai Rp 41,73 triliun.

Baca juga : Senior PPP Minta Suharso Masukkan Kader Berkeringat Ke Pengurus DPP

Sedangkan, pengapalan untuk kendaraan completely knock down (CKD) sebanyak 53,03 ribu set atau senilai Rp 1,23 triliun, dan komponen sebanyak 61,2 juta pieces atau senilai Rp 17,52 triliun. 

Program Making Indonesia 4.0 menargetkan sektor industri kendaraan bermotor nasional menjadi pemain global. Bahkan, Indonesia akan menjadi ekspor hub kendaraan bermotor, baik untuk kendaraan berbasis bahan bakar minyak atau internal combustion engine (ICE) maupun kendaraan listrik atau electrical vehicle (EV). [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense