BREAKING NEWS
 

Dukung Kebijakan Menko Airlangga

Pengusaha Ritel Ingin Daya Beli Naik Lagi

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Kamis, 15 April 2021 08:05 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) sumringah dengan arahan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, perihal pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji Ke-13.

Anggota Dewan Penasihat Hippindo Tutum Rahanta optimistis, pernyataan Airlangga yang mewajibkan pemberian THR kepada karyawan maupun ASN, TNI dan Polri bisa meningkatkan kemampuan berbelanja masyarakat.

Apalagi, Airlangga nggak cuma mengarahkan THR, tetapi juga menyiapkan program bantuan sosial yang bakal digelontorkan jelang Lebaran.

“Kalau uang banyak mengalir di tengah masyarakat, sedikit banyak akan menumbuhkan minat berbelanja,” ujar Tutum kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Cegah Ledakan Kasus Corona, Pengusaha Ferry Dukung Larangan Mudik

Di masa krisis ini, Menko Airlangga telah melakukan langkah tepat dengan memberikan program bantuan, serta mengingatkan swasta untuk membayarkan THR karyawan.

Menurutnya, THR serta bantuan sosial termasuk Kartu Prakerja di dalamnya adalah harapan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

“Bagi kami, ritel, yang penting masyarakat punya kemampuan berbelanja. Yang kami inginkan, memang daya beli bisa naik lagi,” katanya.

Adanya dorongan THR serta banyaknya bantuan sosial dari pemerintah kepada masyarakat, layak diapresiasi.

Baca juga : Arahan Menko Airlangga Bayar THR Penuh Sudah Tepat

Hal itu adalah sikap positif Menko Airlangga untuk memicu kembali perputaran roda ekonomi.

Tutum juga mengapresiasi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala Mikro. Dibanding Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan awal pandemi tahun lalu, menurutnya, PPKM ­Mikro lebih efektif.

Adsense

Penyebaran virus ditekan tanpa mematikan gerak bisnis. Sebab itu, dia mengaku jelang Lebaran tahun ini, pelaku usaha merasa lebih optimistis dibandingkan tahun 2020.

“Karena PPKM Mikro ada pelonggaran untuk belanja dibanding tahun lalu. Sebelumnya, benar-benar ditutup total. Saya yakin pasti, tahun ini lebih baik dibandingkan tahun lalu,” jelas Tutum.

Baca juga : Menko PMK Pantau Penanganan Gempa Bumi Jatim

Saat ini, Hippindo belum bisa menargetkan besaran angka transaksi di ritel. Menurutnya, peningkatan transaksi 2021 pasti lebih moncer dibandingkan 2020, meski tidak sebaik sebelum pandemi.

Pihaknya sudah menyusun strategi untuk menarik minat masyarakat berbelanja jelang Lebaran. Salah satunya, program diskon serta bonus tertentu.

“Ya namanya kami berjualan. Tentu ingin mencoba berbagai cara agar masyarakat bisa berbelanja,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense