BREAKING NEWS
 

FKG Usakti peduli Ibu Hamil dan Menyusui Perhatikan kesehatan Gigi dan Mulut serta gizi dimasa Pandemi

Reporter & Editor :
TEAM ADV
Minggu, 30 Mei 2021 20:21 WIB

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada saat Pandemi Covid-19 terjadi peningkatan angka kematian dan gizi buruk pada ibu hamil dan menyusui, karena pendapatan dari suami yang sebagian besar menurun bahkan ada yang mengalami PHK, sehingga berpengaruh terhadap asupan gizi dan zat besi yang kurang, yang mengakibatkan anemia pada ibu hamil

Hal tersebut dikatakan Dr. drg. Trijani Suwandi, Sp. Perio dosen Fakuktas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) bekerjasama dengan ibu-ibu kader di Kelurahan Cideng Jakarta Barat pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) berupa pendidikan dan pelatihan bagi ibu hamil dan menyusui di kelurahan Cideng, Gambir, Jakarta Barat secara virtual (29/5).

Baca juga : Teknologi UV-C Mampu Melindungi Diri dan Orang Tersayang dimasa Pandemi

"Banyak ditemukan kondisi ibu hamil yang mengalami anemia dan ditemukan angka kematian ibu hamil cukup tinggi. Mengingat sebagian besar tempat tinggal ibu hamil dan menyusui  di daerah padat pemukiman, dengan tingkat Pendidikan dan ekonomi menengah kebawah, serta belum sepenuhnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan" tutur drg. Trijani Suwandi, yang juga ketua pelaksana PkM FKG Usakti.

Adsense

Oleh karena itu, lanjut drg. Trijani, tim PkM FKG Universitas Trisakti bermaksud untuk mensosialisasikan Kesehatan gigi dan mulut serta gizi bagi ibu hamil dan menyusui, khususnya di masa Pandemi Covid-19. 

Baca juga : Perketat Protokol Kesehatan Prioritaskan Vaksinasi Lansia

Dengan     tema   “Pendidikan dan Pelatihan Kesehatan gigi dan mulut serta gizi pada ibu hamil dan menyusui di kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat di Masa Pandemik Covid-19” masyarakat mendapatkan penyuluhan terkait     

  1. Nutrisi pada Kehamilan dan Menyusui oleh Dr.dr.Cindy, Sp.OG
  2. Pendidikan dan Pelatihan Kesehatan Gigi dan Mulut Kelompok Ibu Hamil dan Menyusui : Tim PkM FKG Universitas Trisakti 

dan setelah virtual zoom, masyarakat ikut lomba membuat video cara mencuci tangan menurut WHO serta cara memakai dan membuka masker yang benar.

Baca juga : Larang Takbir Keliling, Gubernur Banten: Jangan Lampiaskan Kegembiraan Yang Bikin Parah Pandemi

Harapan drg Trijani melalui kegiatan PkM ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan para ibu hamil dan menyusui di masa pandemi Covid-19 tentang bagaimana melakukan hidup sehat dengan pelatihan cara mencuci tangan dengan air mengalir dan hand sanitizer yang benar sesuai anjuran WHO serta cara memakai dan membuka masker yang benar. Selain itu diharapkan menambah wawasan tentang asupan nutrisi yang baik serta pelatihan pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut dengan cara menggosok gigi yang benar, sehingga dapat mencegah terjadinya karies dan radang gusi yang berpengaruh terhadap terjadinya kelahiran bayi prematur dan bayi lahir dengan berat badan lahir rendah.

Sebagai tambahan, Pada PKM FKG Usakti beranggotakan 10 orang terdiri dari, Ketua         : Dr. drg. Trijani Suwandi, Sp. Perio, Anggota    : Dr. drg. Tien Suwartini, Sp. KG (K), drg. Sri Lestari, M. Kes, drg. Marie Louisa, Sp. Perio, Alumni        : drg. Mikha Sundjojo, Sp. Perio, Mahasiswa S2    : drg. Johni Halim, SKG, Mahasiswa S1    : James Sebastian, SKG, Nadya Putri, SKG, Sania Aurelia, SKG dan IT        : Yuli Satria, S.Pd. [ARM]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense