Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

FKG Usakti Ajak Ibu-Ibu Terapkan PHBS di Lingkungan Keluarga pada Masa Pandemi

Senin, 18 Januari 2021 16:55 WIB
FKG Usakti Ajak Ibu-Ibu Terapkan PHBS di Lingkungan Keluarga pada Masa Pandemi

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) melakukan salah satu Tri Dharma Peguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berupa peyuluhan dan pelatihan secara virtual bekerjasama dengan Yayasan Rumah Ibu Indonesia (16/1). 

Ketua PkM drg. Vidya Nursolihati, M.Dent mengatakan dalam situasi pandemi seperti sekarang, penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari, termasuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, harus lebih ditingkatkan dan dijadikan kebiasaan. Sosok ibu, sebagai pendidik dan garda terdepan dalam mengawal dan menjaga kesehatan keluarga, memiliki peran penting sebagai penggerak PHBS di keluarga untuk mencegah penularan penyakit.

Baca juga : Telkom Ajak Netflix Berikan LayananTerbaik Kepada Masyarakat Indonesia

Acara dimulai dengan sambutan dari perwakilan FKG USAKTI Prof. Dr. drg. Lies Zubardiah, Sp.Perio dan Ketua Yayasan Rumah Ibu Indonesia Eko Yuliarti Siroj, S.Sos.I, M.Si, yang menekankan peran ibu yang penting pada masa pandemi ini.

Dengan Tema "Perilaku Hidup bersih dan Sehat di Lingkungan Keluarga Pada Masa Pandemi di Yayasan Rumah Ibu Indonesia" lanjut drg Vidya, FKG Usakti mengajak seluruh peserta PkM yang berasal dari Depok, Bogor, Jakarta, Gresik, sampai Padang Sidimpuan, memberikan contoh PHBS mulai dari keluarga.

Baca juga : Penularan Terbesar Terjadi Dari Lingkungan Keluarga

Pada PkM ini selain diberikan materi tentang perilaku hidup bersih dan sehat yang diberikan oleh drg. Vidya Nursolihati, M.Dent, juga diberikan materi kesehatan gigi dan mulut oleh drg. Annisaa Putri Ariyani, MM., MKG serta materi menjaga kesehatan anak di masa pandemi oleh penyuluh tamu yaitu dr. Iqbal Zein, Sp.A.

Pada PKM FKG USAKTI ini seluruh civitas akademika FKG USAKTI turut terlibat yaitu Dosen Prof. Dr. drg. Lies Zubardiah, Sp.Perio, drg. Annisaa Putri Ariyani, MM. MKG, Drs. Alfred Pakpahan, M.Si; Mahasiswa Salshabila Rahmania, SKG, Talitha Ayulia Salsabila, SKG, Ratih Nurbaiti, SKG, Shafira Pertiwi; Staf Tendik Rina Nur Zulaika, SE; serta Alumni drg. Cinthya Dhea Amanda.

Baca juga : Kilas Balik 2020, KAI Tetap Unjuk Gigi di Tengah Pandemi

Ibu-ibu anggota Yayasan Rumah Ibu Indonesia yang mengikuti PkM sangat antusias memberikan pertanyaan seputar materi penyuluhan yang disampaikan, terkait PHBS, kesehatan gigi dan mulut keluarga, serta kesehatan anak di masa pandemi.

Dengan adanya kegiatan ini, Vidya berharap peserta dapat menerapkan PHBS dan memberikan contoh kepada keluarganya agar terbiasa dan disiplin menjalankan PHBS dan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak/menghindari kerumunan), pungkasnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.