BREAKING NEWS
 

Mentan Dorong Provinsi Lampung Hasilkan 300 Ribu Bibit Sapi

Reporter : HAIKAL AMIRULLAH
Editor : WAHYU SURYANI
Rabu, 8 Desember 2021 17:55 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mendorong Provinsi Lampung menjadi wilayah pertama yang mampu menghasilkan 300 ribu bibit sapi dalam waktu yang sangat cepat. 

Hal tersebut disampaikan Syahrul saat melakukan panen pedet di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung.

"Kalau Pak Gubernur setuju, kami akan siapkan budidayanya sampai tempat pakannya,” kata Syahrul.

Baca juga : Menpora Dorong Wushu Tampil Di Olimpiade

Menurutnya, potensi Lampung sangat bagus sekali. Dengan demikian, capaiannya harus 3 kali lipat. Artinya, dalam waktu yang singkat harus bisa menghasilkan 300 ribu. “Kalau mau fokus kita pasti bisa kok," cetusnya.

Lampung dipilih Kementan karena dinilai mampu menerapkan pola reguler maksimum. Hasil ternak yang berkembang bisa memenuhi kebutuhan daging lokal dan nasional. "Oleh karena itu, Provinsi Lampung ini luar biasa bagusnya," katanya.

Adsense

Syahrul mengatakan, Provinsi Lampung memiliki perkembangan peternakan yang sangat luar biasa. Lebih dari itu, Lampung juga mampu menjawab berbagai tantangan.

Baca juga : Sebentar Lagi Pensiun, Merkel Siap Golkan Aturan Wajib Vaksinasi

Lampung memiliki spesialisask yang khusus karena kemauan Gubernur untuk mengembangkan pedet yang banyak dan akselerasi peternakan sapi yang cukup bagus. Lampung juga berhasil menjawab bahwa kita negara besar yang bisa mewujudkan kemandirian pangan.

Apalagi, kata Syahrul, peningkatan daging nasional mampu menekan importasi yang selama ini kerap menimbulkan polemik dan masalah di kalangan peternak dan masyarakat.

"Alhamdulillah importasi daging kita semakin menurun. Saya bersama Ketua Komisi IV DPR akan mencoba mendorong maksimal untuk menurunkan impor," katanya.

Baca juga : Mentan SYL Bangun Kawasan Jagung Seluas 1.200 Hektare di Kabupaten Gowa

Ketua Komisi IV DPR Sudin mengapresiasi kegiatan panen pedet dan peluncuran 100 ribu ekor Belgian Blue yang dilakukan jajaran Kementerian Pertanian (Kementan) di Lapangan Merdeka, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. 

Menurut Sudin, kegiatan tersebut berhasil meningkatkan populasi sapi lokal untuk kebutuhan nasional.

"Saya sangat gembira dengan kegiatan panen pedet hari ini dan mengapresiasi upaya yang dilakukan teman-teman Kementan melalui Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan," tutupnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense