BREAKING NEWS
 

Bantu Korban Gempa Sumbar

Kapolri Perintahkan Jajarannya Siapkan Tenda Pengungsian Sampai Dokter

Reporter : WURYANTO
Editor : UJANG SUNDA
Jumat, 25 Februari 2022 17:42 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Dok. Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh jajaran untuk tanggap bencana serta bergerak cepat memberikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban bencana alam gempa bumi Magnitudo 6,1, di Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar).

"Saya minta untuk wilayah segera turun dan lakukan langkah-langkah pertolongan," kata Sigit, dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jakarta, Jumat (25/2).

Baca juga : Kapolri Instruksikan Jajarannya Gercep Bantu Warga Korban Gempa Pasaman Barat

Sigit meminta jajaran, khususnya di wilayah Sumbar, untuk segera menyediakan tempat atau tenda pengungsian bagi masyarakat yang terdampak gempa bumi tersebut. Serta melakukan proses evakuasi terhadap warga setempat. "Mulai dari mempersiapkan tempat atau tenda pengungsian, kegiatan evakuasi dan pertolongan awal terhadap masyarakat korban gempa," titah Sigit.

Adsense

Tak hanya itu, mantan Kabareskrim Polri itu juga meminta agar Polda Sumbar mengerahkan dokter dan tenaga kesehatan (nakes) untuk penanganan awal korban gempa tersebut. Selain itu, Sigit menekankan, selain jajarannya di wilayah Sumbar, bantuan dan personel dari tingkat pusat atau Mabes Polri akan segera dikerahkan terkait penanganan terhadap masyarakat korban gempa bumi itu.

Baca juga : Gabungan Relawan Ikrar Setia Ke Jokowi 2024, Tuntaskan Janji Kampanye Demi Wujudkan Indonesia Maju

"Siapkan bantuan dari pusat mulai dokter, nakes, bantuan lain yang diperlukan, seperti anggota Brimob, DVI, Samapta, Psikologi untuk trauma healing dan personel lainnya yang diperlukan. Untuk membantu langkah-langkah penyelamatan dan penanganan awal korban gempa," ucap eks Kapolda Banten itu.

Sigit berharap, dengan gerak cepat dari Kepolisian ini diharapkan dapat meringankan beban dari masyarakat yang tertimpa bencana alam tersebut. Dalam data sementara, bencana tersebut menelan empat orang korban jiwa. Sementara, puluhan orang mengalami luka-luka. Serta beberapa bangunan juga alami kerusakan.

Baca juga : BMKG Ingatkan Gubernur Banten, Kawasan Industri Cilegon Bakal Babak Belur

Terkait hal tersebut, Sigit menyampaikan duka cita mendalam bagi masyarakat yang meninggal dunia serta terdampak akibat gempa bumi tersebut. "Kami menyampaikan belasungkawa untuk seluruh korban yang terdampak dari bencana alam tersebut," tutup Sigit. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense