BREAKING NEWS
 

BNPP Gandeng Warga Desa Jaga Batas NKRI

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : MUHAMAD FIKY
Kamis, 14 April 2022 17:37 WIB
Sekretaris BNPP, Restuardy Daud

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) terus meningkatkan partisipasi masyarakat desa terdepan untuk memperkuat pertahanan dan keamanan perbatasan negara.

Menjaga wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak hanya menjadi tanggung jawab anggota TNI yang bertugas di perbatasan negara semata, tetapi juga masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut.

Sekretaris BNPP, Restuardy Daud mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda), Pemerintah Desa, serta masyarakat di Desa terdepan memiliki peran penting terkait pertahanan dan keamanan, khususnya dalam turut menjaga garis batas negara.

Baca juga : PPN Jadi 11 Persen, Harga Xpander Naik 3 Jutaan

Restuardy menjelaskan, tujuan dari dilaksanakannya berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat desa terdepan adalah untuk meningkatkan pemahaman Pemda dan peran serta masyarakat dalam pengelolaan batas wilayah negara sebagai bagian dari sistem pertahanan dan keamanan.

Adsense

"Program pelibatan masyarakat perbatasan dalam memperkuat pertahanan dan keamanan di perbatasan negara menargetkan 720 orang dalam kurun waktu tahun 2020-2024, dan ditargetkan 180 orang untuk Tahun 2022 ini," kata Restuardy di Jakarta, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (14/4).

Untuk maksud yang sama, terdapat beberapa kegiatan bersama mitra terkait di antaranya seperti TNI, Polri, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Baca juga : PPN Jadi 11 Persen, Harga Mobil Toyota Ikutan Naik

Restuardy menuturkan, Kemenhan telah dilakukan kegiatan bela negara dan kegiatan-kegiatan ketahanan pangan di kawasan perbatasan. Sementara bersama BPIP juga telah dilaksanakan beberapa kegiatan yang menambah wawasan kebangsaan terutama terkait Ideologi Pancasila.

Selain itu, Ia juga punya Garda Batas, ada guru, tokoh masyarakat, aparat pemerintah desa yang tergabung di dalamnya sebagai bagian dari upaya kita untuk mendorong pelibatan masyarakat.

"Kegiatan ini dilakukan dengan pendekatan masyarakat diajak dan dilatih untuk bersama-sama, antara lain melihat dan memahami wilayah batas negara yang ada di desanya, turut melaporkan kondisi batas wilayah, sekaligus menjaga patok batas negara," ujar anak buah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian ini. (DIR)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense