BREAKING NEWS
 

Perannya Makin Penting, Tapi Sayang Gaji Pelaut Indonesia Masih Minim

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Sabtu, 29 Juni 2019 11:46 WIB
Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Amiruddin menggelar acara peringatan Hari Pelaut Sedunia di atas kapal di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (29/6). (Foto: Humas Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia sebagai anggota Dewan Council International Maritime Organization (IMO) kategori C ikut merayakan Hari Pelaut Sedunia atau Seafarer Day, yang jatuh pada tanggal 25 Juni setiap tahunnya.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Amiruddin mengatakan, perayaan ini adalah bentuk apresiasi terhadap para pelaut yang telah berkorban, baik waktu dan tenaga untuk memastikan perpindahan orang, pengiriman barang dan komoditas di dunia berjalan dengan lancar, aman, dan selamat sampai tujuan.

Baca juga : Erick Thohir: Mari Bersama Membangun Bangsa, Tantangan Kita Masih Banyak

Apalagi, kata Amiruddin, hampir 90 persen barang-barang yang ada di dunia saat ini, dibawa dengan menggunakan moda transportasi laut.

Adsense

Namun sangat disayangkan, gaji pelaut Indonesia masih terbilang minim.

Baca juga : Bamsoet: Kita Harus Bangga Banyak Mahakarya Indonesia Diakui Dunia

"Kesejahteraan pelaut sangat tergantung pada ramai tidaknya muatan kapal. Padahal, pelaut punya peran penting dan strategis sebagai penggerak kelancaran perekonomian nasional," kata Amiruddin, di sela-sela peringatan Hari Pelaut Sedunia di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (29/6).

Pada kesempatan yang sama, Amiruddin juga mengimbau kaum perempuan agar tak ragu menjalani profesi sebagai pelaut. Karena, perempuan bisa menunjukkan peran dan kontribusi yang telah mereka berikan dalam berbagai karier dan profesi maritim, khususnya pelaut.

Baca juga : Modalnya Memang Gede, Tapi Tanam Bawang Putih Sangat Menguntungkan

Sejauh ini, pelayanan pelabuhan di Indonesia dinilai sudah cukup baik. Kapten Kapal Birte Selmer Hongbaozhen, kapal asing asal China yang kapalnya sedang sandar di Pelabuhan Tanjung Priok mengatakan, pelabuhan di Indonesia telah menunjukkan sejumlah perbaikan. “Pelayanannya bagus. On time,” ungkapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense