BREAKING NEWS
 

Gelar Gerbangdutas Talaud

Mahfud MD: Jangan Main-main Dengan Batas Wilayah Indonesia!

Reporter : DIDI RUSTANDI
Editor : FAQIH MUBAROK
Selasa, 24 Mei 2022 19:47 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD bersama Mendagri Tito Karnavian mencanangkan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) 2022 di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Selasa (24/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mencanangkan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) 2022 di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Pencanangan Gerbangdutas 2022 yang mengangkat tema Pembangunan Perbatasan Negara untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural ini untuk pemerataan pembangunan dan memperkuat daerah perbatasan.

"Saya selaku Ketua Pengarah Badan Pengelola Perbatasan menyatakan Gerbangdutas 2022 dinyatakan dimulai," ujar Mahfud MD, Selasa (24/5).

Baca juga : Jangan Main-main Dengan DMO Migor, Kejagung Bakal Ikut Pelototi

Mahfud menjelaskan, program Gerbangdutas merupakan komitmen pemerintah membangun dari pinggiran, salah satunya di daerah perbatasan.

Adsense

Mahfud menyebut, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara memiliki pulau terluar yang berbatasan langsung dengan Filipina yakni, Pulau Miangas.

"Kita ke sini untuk memberikan simbol-simbol atau menegakkan bahwa kita berdaulat. Jangan main-main dengan batas-batas wilayah Indonesia, karena ini merupakan bagian dari kedaulatan kami. Makanya kita membentuk Gerbangdutas," ujarnya.

Baca juga : Minta Mafia Migor Disikat, Jokowi: Jangan Bermain-main Dan Persulit Rakyat

Menurut Mahfud, Presiden Jokowi selalu merujuk tugas BNPP berdasarkan UU Nomor 43 Tahun 2008 tentang Wilayah Negara. Aturan tersebut mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus meningkatkan dan komitmen membangun perbatasan.

"Untuk itu, saya mengapresiasi kegiatan ini sebagai wadah untuk menyatukan kita dalam mengelola perbatasan," ucapnya.

Selain Menko Polhukam dan Mendagri, hadir dalam pencanangan Gerbangdutas 2022 antara lain Sekretaris BNPP Restuardy Daud, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense