BREAKING NEWS
 

Asrorun Niam Tegaskan Pentingnya Pengetahuan Berumah Tangga Bagi Pemuda

Reporter : WURYANTO
Editor : UJANG SUNDA
Senin, 13 Juni 2022 00:24 WIB
Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam (kedua kiri). (Foto: Dok. Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun 2045 digadang-gadang menjadi momentum Indonesia Emas, yang bertepatan dengan 100 tahun Indonesia merdeka. Pada saat itu, yang akan menjadi pemimpin ialah mereka yang berusia muda hari ini. Makanya, kesiapan Indonesia menyambut kebangkitan baru di usia 100 tahun sangat bergantung pada kualitas pemuda Indonesia saat ini.

Demikian disampaikan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am dalam sambutannya sekaligus menutup kegiatan secara resmi Pelatihan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga yang digelar 10-11 Juni 2022, di Yogyakarta.

Adsense

Baca juga : Pemerintah Dukung Pengembangan Komoditas Unggulan Daerah

Ni’am menyampaikan, proses penyiapan diri menghadapi Indonesia Emas 2045 tentunya harus dimulai dari kelompok terkecil yaitu keluarga. Jika keluarga memiliki ketangguhan dan ketahanan serta mampu membangun kualitas di dalamnya, akan melahirkan lingkungan masyarakat yang berkualitas. Lingkungan masyarakat yang tangguh dan berkualitas akan menjadi sokongan utama kualitas dan ketangguhan bangsa dan negara.

“Oleh sebab itu, kepentingan untuk mengokohkan pemahaman kepemimpinan dalam keluarga perlu dioptimalkan semua pihak. Pemahaman terkait kesehatan reproduksi akan melahirkan sikap yang bertanggung jawab atas diri dan pasangan secara biologis. Pemahaman tentang perencanaan keuangan akan mendorong ketangguhan dalam bangunan ekonomi keluarga. Pemahaman dalam aspek hukum keluarga mendorong sikap saling menghormati hak-hak alami dalam relasi rumah tangga. Pengetahuan tentang psikologi keluarga akan mengokohkan relasi antara pasangan dalam membangun bingkai rumah tangga yang lebih harmonis,” papar akademisi UIN Jakarta ini.

Baca juga : Duel Penentuan Si Ayam Jantan

“Setiap kita menghadapi tahap penyiapan diri memasuki jenjang rumah tangga. Tapi, tidak semua kita yang memasuki jenjang rumah tangga tersebut memiliki pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya pengetahuan dalam menjalani rumah tangga,” tambah Ni’am. 

Pelatihan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT) 2022 secara resmi dimulai. Kegiatan yang sudah memasuki tahun ketiga ini menggugah animo para pemuda dalam mendalami pengetahuan tentang kepemimpinan dalam rumah tangga dan menjadikannya ajang menimba pengetahuan guna menyiapkan diri memasuki jenjang rumah tangga.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense