BREAKING NEWS
 

Kominfo Bagikan Tips Bikin Konten Viral

Reporter : BHAYU AJI PRIHARTANTO
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Jumat, 14 Oktober 2022 13:27 WIB
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan tim siberkreasi terus mengadakan webinar literasi digital di Sumatera. Kali ini temanya Tips Dunia Digital: Rahasia Membuat Konten Viral.

Webinar dihadiri tiga narasumber yakni Indiriyanto Banyumurti selaku Direktur Eksekutif ICT Watch, Sukma Nurjagat, Relawan Mafindo Jakarta dan Praktisi Literasi Digital serta Julita Hazeliana, Komite Edukasi Mafindo dan Praktisi Literasi Digital.

Dalam webinar tersebut, Indiriyanto Banyumurti membahas mengenai rahasia membuat konten viral ditinjau dari perspektif cakap digital.

Baca juga : Bikin Kontrak Yang Jelas Sejak Awal

Dia menjelaskan, konten merupakan informasi yang dapat diungkap melalui beberapa media. Seperti gambar, tulisan, video, atau bentuk lainnya. Untuk membuatnya viral, ada empat tips yang dapat dilakukan.

Pertama, konsisten dalam membuat dan memposting konten. Kedua, buatlah konten yang unik dengan menggabungkan audio yang populer. Ketiga, gunakan design yang menarik. "Terakhir, ikuti trend dan challenge," papar Indiriyanto Banyumurti.

Adsense

Sukma Nurjagat menambahkan rahasia membuat konten viral ditinjau dari perspektif etis digital. Dia bilang, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk tetap berperilaku etis setiap membuat konten viral.

Baca juga : Kadin Minta India Lanjutkan Warisan G20 Indonesia

"Pertama, tidak membuat konten yang menjelek jelek kan brand lain. Kedua, selalu memberikan informasi yang jujur. Terakhir, selalu pahami jika komunikasi yang kita lakukan di dunia digital adalah komunikasi yang dilakukan antar manusia bukan manusia dengan teknologi," ujar Sukma Nurjagat.

Sementara Julita Hazeliana melengkapi pembahasan mengenai rahasia membuat konten viral ditinjau dari perspektif pilar aman digital.

Dia menjelaskan, apapun aktivitas yang dilakukan di ruang digital tidak pernah ada yang 100 persen aman. Oleh karenanya kita diminta selalu berpikir kritis dan tidak mudah percaya dengan semua hal yang ada di internet.

Baca juga : Kemenkominfo Kasih Tips Ubah Hobi Menjadi Bisnis

"(Itu) Dapat menjadi satu proteksi keamanan yang paling efektif untuk menghindarkan kita dari tindakan kejahatan internet," papar Julita Hazeliana.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense