Dark/Light Mode

Kemenkominfo Kasih Tips Ubah Hobi Menjadi Bisnis

Minggu, 9 Oktober 2022 19:17 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Program literasi digital yang digaungkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus berlanjut untuk wilayah Sumatera.

Kali ini Kominfo dan tim Siberkreasi mengadakan webinar dengan tema Tips Dunia Digital: Mengubah Hobi Menjadi Bisnis.

Webinar ini menghadirkan tiga narasumber. Materi pertama disampaikan Mira Sahid, Wakil Ketua Umum Siberkreasi. Dia mengatakan, perkembangan teknologi digital telah membuka peluang dan kesempatan untuk membuat hobi jadi pekerjaan.

Baca juga : Kemenkominfo Perkuat Literasi Digital Di Bali

“Ada 4 hal yang perlu diperhatikan untuk menjadikan hobi sebagai bisnis,” kata Mira di hadapan 1.300 perserta webinar, dikutip Minggu (9/10). 

Pertama, kita perlu memastikan memiliki cukup kompetensi dalam bidang tersebut. Kedua, harus menikmati setiap prosesnya. Ketiga, jangan ada beban ketika menjalaninya.

“Keempat, kita selalu memiliki semangat lebih dibandingkan orang lain ketika melakukan hal tersebut,” tukas Mira Sahid.

Baca juga : Kemenkominfo Gelar Kelas Podcast Disabilitas Di Surabaya

Narasumber lainnya, Sukma Nurjagat selaku elawan Mafindo Jakarta dan Praktisi Literasi Digital menambah wawasan peserta dengan memberi tips dari perspektif etis digital.

Menurutnya, dalam menjalankan hobi sebagai bisnis di ruang digital perlu memperhatikan etika. Agar kita terhindar dari perilaku negative dalam bermedia sosial.

Sukma menjelaskan, tips pertama adalah memahami bahwa ruang digital itu adalah ranah publik. Kedua, harus selalu menyaring setiap informasi yang didapatkan di ruang digital.

Baca juga : Kemenkominfo Bagikan Tips Pemasaran Produk Via Instagram Di Sumatera

“Terakhir, jika tidak ada hal baik yang perlu dikatakan lebih baik diam,” ujar Sukma Nurjagat.

Materi terakhir disampaikan Julita Hazeliana, dia melengkapi pembahasan dengan memberi tips agar aman dalam berselansar di dunia digital.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.