BREAKING NEWS
 

Komitmen Bantu Para Mantan Napiter

BNPT Ajak Masyarakat Tinggalkan Kekerasan

Reporter : FAJAR EL PRADIANTO
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Minggu, 21 Mei 2023 07:45 WIB
Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Ketua Yayasan Lingkar Perdamaian Ali Fauzi Manzi mengatakan, tidak ada orang baik yang tidak punya masa lalu dan tidak ada orang jahat yang tidak punya masa depan, setiap orang punya kesempatan yang sama.

“Komitmen Pak Rycko tadi sangat menyentuh, beliau sangat santun, Pak Jokowi tidak salah menunjuk beliau sebagai Kepala BNPT,” tutur Ali Fauzi.

Dia menjelaskan, YLP adalah yayasan yang bergerak dalam bidang sosial keagamaan, antara lain, memiliki kegiatan seperti Pengelolaan Pondok Darul Hi­jrah, pendampingan anak-anak dari mantan napiter dan jaringan teroris.

Baca juga : Tiket Konser Coldplay Ludes, Partai Garuda: Ancaman Nggak Mempan Buat Masyarakat

Selanjutnya, ada kegiatan kun­jungan ke lapas, membantu ke­butuhan logistik keluarga napiter dan mantan napiter, kajian jalan terang, kajian malam Ahad, kajian Ahad pagi, program out­bond, program santunan kepada anak yatim.

Ali juga menjelaskan, saat ini YLP mengelola Pondok Pesantren Darul Hijrah, yang memiliki 40 santri. YLP juga menjadi role model para mantan napiter di provinsi-provinsi lain dalam membangun dan menge­lola yayasan.

YLP berdiri sejak 2016, men­jadi wadah untuk melakukan deradikalisasi secara kolektif.

Baca juga : Kalau Harga Pangan Naik, Masyarakat Jangan Kaget

“Wujud YLP dan berbagai Yayasan tidak luput dari peran besar BNPT dan Satgaswil Den­sus, khususnya wilayah Jatim. Terima kasih sudah memberi­kan evaluasi dan muhasabah, semoga dapat menjadi manusia yang bermanfaat untuk manusia lainnya, khoirunnas anfa’uhum linnas,” jelasnya.

Sebelum ke Lamongan, Kepala BNPT lebih dahulu mengunjungi mitra deradika­lisasi di Kecamatan Turen, Ka­bupaten Malang.

Selain menjalin silaturahmi, kunjungan ini juga menjadi momen berdialog, menyerap aspirasi agar program pembi­naan dapat membawa manfaat bagi mitra deradikalisasi dan masyarakat.

Baca juga : Bermanfaat Buat Masyarakat, BNPT Gencarkan Deradikalisasi

BNPT akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam meningkatkan produktivi­tas Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) di Turen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense