BREAKING NEWS
 

Sejarah Diplomasi Indonesia Makin Dikenal Dunia

Yes, Pidato Soekarno Raih Sertifikat UNESCO

Reporter : FAJAR EL PRADIANTO
Editor : ACHMAD ALI FUTHUHIN
Selasa, 4 Juli 2023 07:45 WIB
Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menerima tiga sertifikat dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization UNESCO pada Senin (3/7). (Foto: Kemlu)

 Sebelumnya 
Momen bersejarah ini menjadi bukti nyata dari kerja keras, dedikasi, serta sinergi antara para ahli, Pemerintah, hingga masyarakat.

Banyak pihak yang terlibat aktif dalam pengelolaan arsip dokumenter Indonesia.

Dengan ditetapkannya tiga arsip bersejarah ini sebagai Ingatan Kolektif Dunia, maka Indonesia berhasil memperke­nalkan nilai-nilai sejarah yang terkandung dalam dokumen-dokumen tersebut kepada dunia.

Baca juga : Pernah Serang Indonesia Di PBB, Vanuatu Sekarang Mau Buka Kedubes Di Jakarta

Selain itu, penghargaan ini juga memperkuat posisi Indonesia dalam upaya peles­tarian dan promosi kekayaan budaya serta sejarah nasional dan dunia.

“Perlu diingat juga bahwa penetapan ini bukan merupakan tujuan akhir, melainkan bagian dari langkah bersama untuk menjaga nilai sejarah kita hingga generasi-generasi yang akan datang,” katanya.

Wakil Tetap Indonesia di UNESCO, Ismunandar mengatakan, pengakuan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh pihak di Indonesia.

Baca juga : Berstandar Internasional, Layanan Ethernet iForte Raih Sertifikat MEF-CE 3.0

Sehingga, semakin berse­mangat dalam melindungi dan memelihara arsip-arsip berseja­rah yang berharga.

“Adanya penetapan ini semoga menjadi keberlanjutan pengakuan UNESCO atas hal penting lainnya di Indonesia,” tuturnya.

Selain penetapan tiga arsip do­kumen tersebut, empat geopark Indonesia yaitu Ijen Geopark, Maros Pangkep Geopark, Merangin Geopark dan Raja Ampat Geopark juga telah ditetap­kan sebagai UNESCO Global Geopark.  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense