Dark/Light Mode

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Di Atas Rata-Rata Dunia, Bos IMF Angkat Topi

Sabtu, 20 Mei 2023 19:39 WIB
Presiden Jokowi (kedua kiri) dalam pertemuan dengan Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva. Disaksikan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sabtu (20/5). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi (kedua kiri) dalam pertemuan dengan Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva. Disaksikan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sabtu (20/5). (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva memuji perekonomian Indonesia, yang tumbuh stabil di tengah ketidakpastian. 

"Di tengah situasi ekonomi dunia yang diwarnai banyak ketidakpastian, ekonomi Indonesia cukup baik dan stabil. Dengan pertumbuhan ekonomi yang jauh di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi dunia,” ujar Kristalina, dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi di Hotel Rihga Royal, Hiroshima, Jepang, Sabtu (20/5).

Di depan Kristalina, Jokowi memaparkan, ekonomi Indonesia diperkirakan tumbuh 5,1 persen pada tahun 2023, dan 5 persen pada tahun 2024.

Baca juga : Wujudkan ASEAN Pusat Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Terkait hal tersebut, IMF berharap, Indonesia dapat ikut serta memberikan bantuan kepada negara berkembang lainnya. "Terutama, di bidang pengentasan kemiskinan,” kata Kristalina.

Dia menilai, Indonesia memiliki peran penting di tengah situasi dunia yang penuh tantangan. Indonesia dinilai mampu menjalin hubungan, dan berkomunikasi dengan semua pihak.

“Indonesia dapat berbicara dengan semua negara, semua pihak. Di tengah dunia yang hadapi banyak tantangan seperti saat ini, diperlukan lebih banyak lagi peran seperti yang dimainkan oleh Indonesia,” tandasnya.

Baca juga : Bamsoet Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Kongres Dunia WFSDA

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyambut baik peluncuran Agenda Kebijakan Global IMF, serta pembentukan early warning system yang dinilai penting.

Sementara Direktur Pelaksana IMF memberikan apresiasi atas keberhasilan Indonesia, dalam menjalankan Presidensi G20 pada tahun 2022, serta keberhasilan atas penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN tahun ini.

"Selamat atas keberhasilan Indonesia dalam menjalankan Presidensi G20 tahun lalu, dan juga atas penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo,” ucap Kristalina.

Baca juga : Erwin Ramdani Dan Persib Sepakat Berpisah

Dalam pertemuan ini, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.